Setelah S1, planning apa yang sudah kalian rencanakan? Dilema antara lanjut S2 atau bekerja seringkali menjadi masalah bagi para mahasiswa, terutama fresh graduate dan mahasiswa yang telah lama lulus namun tetap tidak memiliki kesempatan untuk bekerja. Beberapa mahasiswa tentunya memiliki keinginan untuk melanjutkan studi S2, akan tetapi beberapa dari mereka tidak sedikit yang mengalami kendala biaya. Melanjutkan studi S2 tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit jika dibandingkan dengan biaya studi S1 yang ditempuh sebelumnya. Dengan alasan ini lah beberapa mahasiswa pun memutuskan untuk lebih memilih lanjut bekerja sembari menggali pengalaman dan menyiapkan persiapan untuk studi lebih lanjut.

Pada dasarnya pantangan kendala biaya untuk melanjutkan studi S2 dapat diringankan dengan mengikuti program beasiswa. Beasiswa merupakan pemberian berupa bantuan keuangan yang diberikan kepada perorangan, mahasiswa atau pelajar yang digunakan demi keberlangsungan pendidikan yang ditempuh. Beasiswa dalam hal ini diartikan sebagai bentuk penghargaan yang diberikan kepada individu agar dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Penghargaan itu dapat berupa akses tertentu pada suatu institusi atau penghargaan berupa bantuan keuangan.

Mendapat beasiswa tentunya merupakan impian bagi setiap mahasiswa. Beasiswa sangat penting dan bermanfaat bagi mahasiswa karena dapat membanggakan dan juga meringankan beban kedua orang tua. Namun, hanya sedikit dari mahasiswa yang mengetahui informasi mengenai beasiswa tetapi tidak tahu bagaimana cara mendapatkan beasiswa tersebut. Beasiswa nyatanya bukan hanya bisa didapat dari lembaga pendidikan saja, namun juga dapat diperoleh dari lembaga atau instansi pemerintah maupun swasta yang menyelenggarakan program beasiswa. Beasiswa sendiri meliputi beasiswa dalam negeri dan juga beasiswa luar negeri seperti AAS beasiswa di Australia, MEXT beasiswa di Jepang, beasiswa program magister menuju doktor yaitu dengan beasiswa DIKTI, kemudian ada juga beasiswa LPDP.

Dengan ini diadakanlah acara Webinar Bioscholarship 2022 sebagai sarana bagi mahasiswa untuk mendapatkan informasi yang bermanfaat mengenai beasiswa dan jobfair khususnya untuk fresh graduate. Kegiatan ini diadakan oleh departemen Advokasi dan HAM, HMJ Biologi “Nanas Merah” FMIPA Unesa dengan mengangkat tema “Prepare Yourself with Scholarship for Big Step in Your Future Career” yang membahas tentang bagaimana tata cara mendapatkan beasiswa bagi para mahasiswa dan informasi tentang pekerjaan. Dikarenakan adanya pandemi Covid-19, sehingga acara ini tidak dapat dilaksanakan secara tatap muka dan harus dilakukan melalui platform online. Acara seminar ini dilaksanakan melalui Zoom Meeting pada hari Sabtu 21 Mei 2022 dimulai pada pukul 08.00 WIB. Pada acara ini menghadirkan tiga orang narasumber yakni Ibu Lisa Lisdiana S.Si, M.Si, Ph.D selaku awardee beasiswa LPDP Luar Negeri, Makmun Murod, S.Si selaku awardee Beasiswa LPDP Dalam Negeri 2021 di FAPET UGM, dan Refika Yuliana Pratiwi, S.Si, selaku Banking Staff di PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh lebih dari 100 peserta yang terdiri dari mahasiswa jurusan biologi dari berbagai angkatan dan juga mahasiswa di luar jurusan biologi FMIPA Unesa. Kegiatan ini berlangsung lancar dengan adanya diskusi aktif antara peserta dan pemateri dan harapannya setelah adanya kegiatan tentang bagaimana tata cara mendapatkan beasiswa bagi para mahasiswa dan informasi tentang pekerjaan.

Dokumentasi Kegiatan

Dokumentassi Kegiatan Webinar Bioscholarship 1
Dokumentasi Kegiatan Webinar Bioscholarship 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »