Perguruan tinggi sebagai pendidik, pusat ilmu pengetahuan, dan pelatihan dalam rangka merealisasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi berupaya melakukan peningkatan sumber daya manusia serta melakukan pengabdian kepada masyarakat. Mahasiswa sebagai pelaku di dalamnya, memiliki eksistensi sebagai komunitas ilmiah dan terdidik dapat diposisikan sebagai agen of change (agen pengubah) dan agen of control (agen pengontrol) yang mana pada umumnya mempunyai fisik yang kuat dan sehat, berbudi luhur, lebih mudah diajak berpikir secara profesional, berorganisasi, mampu mengembangkan motivasi dan inovasi, berpotensi yang sehat dan tepat untuk dikembangkan serta sebagai kekuatan terutama dalam membangun masa depan bangsa.

Perkembangan teknologi telah merambah ke berbagai aspek, termasuk dalam pembelajaran dan penelitian biologi. Mahasiswa Jurusan Biologi berhak memiliki kesempatan untuk mengembangkan soft-skill dalam penggunaan teknologi melalui pelatihan dasar software yang diselenggarakan secara berkala.

Oleh karena itu, Departemen Komunikasi dan Informasi HMJ Biologi “Nanas Merah” FMIPA UNESA yang berkolaborasi dengan Kelompok Studi Naraya mengadakan kegiatan Webinar BioInformatika 2022. Webinar BioInformatika merupakan pengenalan software biologi molekuler untuk mahasiswa Biologi FMIPA UNESA dengan tema, “Peningkatan Pemahaman Mahasiswa Biologi tentang Penggunaan Software BioInformafika”. Sesuai dengan tema tersebut diharapkan seluruh mahasiswa Jurusan Biologi mendapatkan pengetahuan dan pengenalan terkait dengan sarana berupa software.

Kegiatan Webinar BioInformatika 2022 dilaksanakan pada hari Minggu, 19 Juni 2022, secara online dan dihadiri oleh beberapa panitia dari HMJ Bioloi “Nanas Merah” FMIPA UNESA dan Kelompok Studi Naraya secara offline di Kampus Universitas Negeri Surabaya. Kegiatan ini dimulai pada pukul 08.00 WIB, diawali dengan pembukaan dan sambutan-sambutan dari Ketua Pelaksana, Ketua HMJ Biologi “Nanas Merah”, Pembina Ormawa, dan Ketua Jurusan. Memasuki serangkaian acara inti yaitu Kuliah Umum I dan Kuliah Umum II, serta sesi tanya jawab oleh peserta dan pemateri. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat pemateri dan pengumuman pemenang dengan pertanyaan terbaik. Seluruh rangkaian kegiatan diakhiri dengan doa dan penutup.

Setelah sukses melaksanakan kegiatan Webinar BioInformatika 2022, diharapkan hal ini dapat memberi wadah kepada peserta sebagai pengetahuan dan pengenalan terkait dengan sarana berupa software, meningkatkan solidaritas dan kerjasama panitia HMJ Biologi “Nanas Merah” FMIPA Unesa dan Kelompok Studi Naraya, serta memberikan manfaat baik untuk seluruh mahasiswa Biologi FMIPA Unesa.

DOKUMENTASI KEGIATAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »