Konon status mahasiswa itu dianggap sebagai status tertinggi dalam jenjang pendidikan dan mahasiswa merupakan seorang yang intelektual. Bahkan mahasiswa memiliki peran sebagai agent of change atau agen perubahan bagi bangsa dan negara, yang dimana perubahan tersebut dapat diperoleh dari ide, keterampilan, pengetahuan yang telah diasah. Sebagai mahasiswa harus mampu untuk mengontrol keadaan dan memberikan kontribusi secara nyata untuk perubahan yang lebih baik (agent of social control), bukan hanya sekedar memberikan kritik, dan saran. Maka, untuk membawa perubahan diperlukan adanya Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Melalui pendidikan hal tersebut bisa dicapai, dimana dalam pendidikan salah satunya dibekali dengan berbagai macam materi, tentang ilmu pengetahuan dan keterampilan.

Himpunan Mahasiswa Jurusan Biologi “Nanas Merah” FMIPA Universitas Negeri Surabaya mempunyai suatu kegiatan yang dapat memberikan manfaat untuk mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi Ujian Akhir Semester. Kegiatan tersebut dinamakan Biosoal, yang merupakan kegiatan dimana mahasiswa belajar dan melakukan pembahasan tentang soal-soal ujian akhir semester dari tahun-tahun sebelumnya yang akan dipandu oleh koas dari mata kuliah yang dibahas. Penyelenggaraan Biosoal ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai materi-materi dalam ujian akhir semester, meningkatkan dan mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam melakukan analisis soal, serta memberikan gambaran mengenai soal-soal ujian akhir semester kepada mahasiswa.

Pada kegiatan Biosoal semester genap dilakukan secara online melalui Zoom Meeting pada hari Selasa, 31 Mei 2022 mulai pukul 07.30-12.05 WIB dengan tema “Membangun potensi mahasiswa menuju perkembangan global 5.0 yang memiliki sumber daya pendidikan yang berkompetensi dan berkualitas”. Kegiatan ini diawali dengan registrasi peserta, kemudian pembukaan dan dokumentasi, selanjutnya persiapan breakout room Zoom Meeting, lalu diskusi dan pembahasan materi 1, kemudian istirahat sejenak selama 5 menit, selanjutnya dilanjutkan dengan diskusi dan pembahasan materi 2, dan diakhiri dengan penutup. Sasaran kegiatan Biosoal semester genap yaitu mahasiswa Jurusan Biologi angkatan 2020 dan 2021. Mata kuliah yang dibahas yaitu untuk angkatan 2020 prodi Pendidikan Biologi terdapat Sistematika Tumbuhan yang dipandu oleh Afifah Mei Nuraini, dan Sistematika Hewan yang dipandu oleh Putri Andini, Nurul Laily, Ajeng Ramadhani, dan Crystal Prima Yudha. Sedangkan untuk angkatan 2020 prodi Biologi terdapat Fisiologi Hewan yang dipandu oleh Rayhan Aldhira Pristayuna, dan Bioteknologi dipandu oleh Johana Dian Rahayu, dan Ana Karunia Illahi. Serta untuk angkatan 2021 prodi Pendidikan Biologi dan Biologi terdapat Struktur Perkembangan Tumbuhan yang dipandu oleh Shela Sonia, Alfina Siti Khofifah, dan Kalimatul Maghritoh, kemudian terdapat Struktur Perkembangan Hewan yang dipandu oleh Giyanita Rahma Ayu Pramesti.

Dengan diadakannya kegiatan Biosoal ini diharapkan dapat membantu mahasiswa untuk lebih memahami materi dan memiliki kesiapan dalam menghadapi Ujian Akhir Semester Genap, agar memperoleh nilai akademik yang memuaskan.

Gambar 1. Dokumentasi Peserta Kegiatan Biosoal 2022
Gambar 2. Diskusi Dan Pembahasan Materi Angkatan 2020
Gambar 3. Diskusi Dan Pembahasan Materi Angkatan 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »