Memperingati hari pendidikan nasional di masa transisi pandemi COVID-19? Tentu bisa dilakukan! hanya saja, pelaksanaannya yang berbeda. Serangkaian kegiatan memperingati hardiknas ini dilakukan secara online. Oleh karena itu, Departemen Penalaran dan Keilmuan HMJ Biologi “Nanas Merah” FMIPA UNESA mengemasnya dalam sebuah acara Webinar dan Talkshow Hari Pendidikan Nasional dengan tema “Penguatan Pendidikan Melalui Kurikulum Merdeka di Era Society 5.0”.

Webinar ini diikuti oleh 451 peserta dari berbagai kalangan akademisi meliputi dosen, guru, dan mahasiswa seluruh Indonesia.Dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 14 Mei 2022, dan dimulai dari pukul 08.00 hingga 11.25, dengan platform Zoom Meeting dan Live Stream Youtube. Dengan menghadirkan dua narasumber yakni Ibu Dr. Sifak Indana, M.Pd. Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FMIPA Unesa, yang kedua Bapak Aditya Chandra Setiawan, S.Pd., M.Pd. dosen Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa.

Dalam pemaparan materi disampaikan tujuan kurikulum merdeka yaitu untuk melanjutkan arah pengembangan kurikulum sebelumnya berupa orientasi holistik, berbasis kompetensi bukan konten, konstekstualisasi (dirancang berdasarkan kompetensi yang ingin dikembangkan) dan personalisasi (dirancang sesuai konteks dan kebutuhan murid). Kemudian pada sesi talkshow, juga memaparkan bahwa hadirnya kurikulum merdeka memberikan ruang yang besar bagi bangsa. Dampak kebijakan tersebut adalah memberikan ruang dan hak bagi mahasiswa untuk mengeksplor dirinya.

Setelah sukses melaksanakan kegiatan Webinar dan Talkshow Hardiknas 2022 ini harapanya akan memberikan pengkhataman yang nyata sehingga menimbulkan perubahan luar biasa bagi bangsa. Di masa transisi pandemi merupakan sebuah titik balik, dimana teknologi akan masuk dalam pembelajaran atau rana akademi dengan optimal. Sehingga optimalisasi kurikulum merdeka di era society 5.0 ini sangat relevan.

Gambar 1. Pemaparan materi pada kegiatan Webinar dan Talkshow Hardiknas 2022
Gambar 2. Diskusi online kegiatan Webinar dan Talkshow Hardiknas 2022
Gambar 3. Dokumentasi peserta Webinar dan Talkshow Hardiknas 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »