hh

Bulan suci Ramadhan merupakan waktu yang dinanti-nanti oleh umat muslim. Pada bulan ini, seluruh umat muslim akan mengerjakan ibadah puasa wajib yang  menjadi salah satu rukun Islam. Bukan hanya itu, umat muslim juga bisa mengerjakan amalan ibadah sunnah lainnya untuk memperoleh rahmat kebaikan, terijabahnya doa, dan berlipat gandanya pahala dari Allah SWT seperti melaksanakan shalat tarawih,  membaca Al-Qur’an, hingga berdzikir. Satu di antara keutamaan Ramadhan adalah disebut sebagai bulan penuh ampunan. Itu sebabnya, umat Islam pada Bulan Ramadhan berlomba-lomba untuk bisa mengisinya dengan kegiatan berbagi  kepada sesama.

Masih banyak yang bisa kita lakukan di Bulan Ramadhan, yang menjelaskan segala perbuatan adalah menggiring kita pada upaya yang bisa berguna untuk orang lain. Terutama di tengah pandemi seperti ini, setiap kepedulian yang dibutuhkan dapat mengurangi beban hidup. Oleh karena itu, Departemen Pengabdian Masyarakat dan Lingkungan HMJ Biologi “Nanas Merah” FMIPA Unesa mengadakan kegiatan Biologi Berbagi dan Mengaji. Biologi Berbagi dan mengaji merupakan kegiatan bakti sosial yang dilakukan dengan berbagi dan mengaji di Yayasan Panti Asuhan dan Sosial “At-Tauhid” pada Bulan Ramadhan. Pada periode ini, Biologi Berbagi dan Mengaji mengusung tema “Menebar Kebaikan, Memupuk Kepedulian, dan Menumbuhkan Iman di Bulan Penuh Ampunan”. Sesuai dengan tema tersebut, diharapkan seluruh HMJ Biologi “Nanas Merah” FMIPA Unesa dapat menumbuhkan rasa empati dan kepedulian sosial dengan masyarakat, meningkatkan rasa syukur serta, mempererat tali silaturahmi antara Mahasiswa Jurusan Biologi dengan masyarakat.

Sehubungan dengan masa pandemi covid-19 yang belum berakhir, kegiatan Biologi Berbagi dan Mengaji 2022 dilaksanakan secara hybrid melalui Yayasan Panti Asuhan dan Sosial “At-Tauhid” dan melalui google meeting. Diadakannya kegiatan Biologi Berbagi dan Mengaji secara hybrid untuk menumbuhkan solidaritas baik di google meeting maupun di lapangan secara langsung dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Kegiatan Biologi Berbagi dan Mengaji 2022 dilaksanakan pada hari Sabtu, 23 April 2022, dihadiri oleh Sekretaris Jurusan Biologi, Pembina Ormawa HMJ Biologi, DPM, pengurus dan pemateri dari panti asuhan, seluruh panitia HMJ Biologi “Nanas Merah” FMIPA Unesa Periode 2022/2023, dan peserta Biologi Berbagi dan Mengaji yang terdiri atas adik-adik panti asuhan. Kegiatan ini dimulai pada pukul 13.40 WIB, diawali dengan pembukaan kemudian pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan sari tilawah, lalu dilanjutkan dengan sambutan dari ketua pelaksana, ketua HMJ Biologi, serta Sekretaris Jurusan Biologi sekaligus membuka acara. Memasuki serangkaian kegiatan inti yang pertama yaitu kajian islami, dilanjutkan perlombaan adzan, surat pendek, dan tartil. Setelah perlombaan selesai, dilanjutkan santunan anak yatim bersamaan dengan berbagi takjil kepada pengguna jalan, kemudian yang terakhir yaitu pengumuman dan pembagian hadiah. Seluruh rangkaian kegiatan diakhiri dengan doa dan penutup.

Setelah sukses melaksanakan kegiatan Biologi Berbagi dan Mengaji HMJ Biologi “Nanas Merah” Tahun 2022, diharapkan hal ini dapat meningkatkan rasa kemanusiaan, toleransi dengan masyarakat luas untuk lebih peduli, dan ingin berbagi dengan sesama yang membutuhkan sehingga mampu mencapai target keberhasilan, serta membawa manfaat baik untuk seluruh mahasiswa Biologi maupun masyarakat.

Gambar 1. Perlombaan di Yayasan Panti Asuhan dan Sosial “At-Tauhid”
Gambar 2. Kegiatan Berbagi Takjil Kepada Pengguna Jalan
Gambar 3. Dokumentasi Kegiatan Secara Offline

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »