Di era transformasi digital saat ini, segala sesuatu dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Perkembangan teknologi yang pesat telah memunculkan berbagai inovasi baru yang sangat membantu manusia dalam segala aspek. Sumber daya manusia yang unggul dan  berkualitas menjadi salah satu poin penting dalam upaya mempertahankan eksistensi sebuah negara. Mahasiswa sebagai agent of change merupakan generasi penerus bangsa yang berperan besar untuk meneruskan tongkat estafet kepimpinan negara. Mahasiswa dituntut untuk berpikir inovatif, kreatif, optimistis, dan bersikap adaptif terkait segala kemungkinan dan perubahan yang akan terjadi terutama di era yang serba canggih seperti saat ini. Oleh sebab itu, mahasiswa harus mempunyai soft skill yang mumpuni untuk mewujudkan pemikiran-pemikiran mereka demi memajukan negara. Soft skill yang harus dimiliki seorang mahasiswa diantaranya yaitu, kemampuan komunikasi yang baik, manajemen konflik, manajemen organisasi, dan kemampuan dalam memanfaatkan berbagai media digital yang ada dengan maksimal.

Organisasi mahasiswa menjadi wadah bagi mahasiswa untuk belajar mengenai tanggung jawab, toleransi, manajemen waktu, kerja sama dan lain sebagainya dalam pengembangan diri. Oleh karena itu, Departemen Pengembangan Sumber Daya Manusia mengadakan kegiatan Upgrading HMJ Biologi “Nanas Merah” 2022 sebagai sarana untuk semua pengurus HMJ Biologi “Nanas Merah” periode 2022/2023 mencari solusi terbaik bagi permasalahan yang ada, menumbuhkan motivasi semua pengurus dalam pelaksanaan program kerja, dan sebagai sarana evaluasi kinerja pengurus di periode sebelumnya. Selain itu, acara ini juga dimaksudkan untuk mempererat hubungan kekeluargaan dan membangun solidaritas antar pengurus sehingga pelaksanaan semua program kerja HMJ Biologi “Nanas Merah” 2022 pada periode ini dapat dilakukan secara maksimal.

Berkaitan dengan masa pandemi yang akan segera berakhir, pengurus HMJ Biologi “Nanas Merah” periode 2022/2023 melaksanakan program kerja Upgrading secara full offline, baik panitia maupun  peserta dengan memperhatikan protokol kesehatan, tetapi juga tetap masuk ke dalam zoom meeting. Bagi peserta maupun panitia yang berhalangan untuk hadir tetap mengikuti kegiatan melalui zoom meeting. Dengan cara tersebut, rasa kekeluargaan antar pengurus HMJ Biologi “Nanas Merah” periode 2022/2023 bisa semakin erat, sehingga bisa meningkatkan kinerja pengurus dalam melaksanakan program kerja HMJ Biologi “Nanas Merah” dalam satu periode kedepan dengan baik.

Kegiatan Upgrading dilaksanakan pada hari Sabtu, 09 April 2022, dihadiri oleh Pembina Ormawa HMJ Biologi, para pemateri, dan peserta yang terdiri atas seluruh pengurus HMJ Biologi FMIPA Unesa Periode 2022/2023. Kegiatan dimulai pada pukul 11.00 WIB , diawali dengan pembukaan kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Unesa, lalu dilanjutkan dengan sambutan dari ketua pelaksana, ketua HMJ Biologi, serta pembina Ormawa sekaligus membuka acara secara resmi. Memasuki serangkaian kegiatan inti yang pertama yaitu pemaparan materi “Managemen waktu dan Organisasi” serta tanya jawab, dilanjutkan pemaparan materi “Editing” serta tanya jawab, diselingi dengan adanya ice breaking di pertengahan acara. Setelah itu pemaparan materi ketiga mengenai “Proposal dan LPJ” serta tanya jawab, kemudian yang terakhir yaitu pemberian motivasi kepada seluruh pengurus HMJ Biologi “Nanas Merah” FMIPA Unesa periode 2022/2023. Seluruh rangkaian kegiatan diakhiri dengan doa dan penutup.

Setelah sukses melaksanakan kegiatan Upgrading HMJ Biologi “Nanas Merah” Tahun 2022, diharapkan hal ini dapat meningkatkan solidaritas dan kekeluargaan antar pengurus, membangun motivasi dalam diri, mampu menjalin kerja sama yang baik untuk menyukseskan program kerja yang telah dirancang sehingga mampu mencapai target keberhasilan, serta menambah wawasan dan soft skill guna meningkatkan kinerja kepengurusan HMJ Biologi “Nanas Merah” FMIPA Unesa periode 2022/2023.

Gambar 1. Pembukaan Acara Upgrading 2022 oleh MC
Gambar 2. Sambutan Ketua Pelaksana Upgrading 2022
Gambar 3. Sambutan Sekaligus Pembukaan Resmi Upgrading 2022 Oleh Pembina Ormawa HMJ Biologi “Nanas Merah”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »