Mahasiswa sebagai masyarakat yang terpelajar, harus selalu menempatkan diri sebagai elemen masyarakat yang mampu menjadi agent of change, agent of control, iron stock, dan moral force yang senantiasa peka dan solutif terhadap setiap permasalahan yang muncul. Organisasi merupakan wadah mahasiswa untuk mengasah softskill diri untuk menjadi generasi yang tanggap, profesional, inovatif, kreatif dan percaya diri, serta mampu berkolaborasi dan memiliki kemapuan untuk manajemen konflik. Karakter tersebut dapat membawa mahasiswa sebagai agent of change, agent of control, iron stock, dan moral force di era yang semakin berkembang.

          Dalam menjalankan sebuah organisasi untuk mencapai misi organisasi tersebut, diperlukan rencana dan tatanan organisasi yang baik. Perencanaan serta penyusunan program kerja organisasi didiskusikan dalam forum internal organisasi dengan nama “Rapat Kerja”.  Rapat Kerja merupakan program kerja yang dinaungi oleh Badan Pengurus Harian, HMJ Biologi “Nanas Merah” FMIPA UNESA Periode 2022/2023, kegiatan tersebut berupa pemaparan program kerja HMJ Biologi “Nanas Merah” FMIPA UNESA selama 1 periode ke depan. Selain membahas program kerja organisasi, rangakaian kegiatan lainnya yakni prosesi pengukuhan pengurus HMJ Biologi “Nanas Merah” FMIPA Unesa periode 2022/2023, pengurus MPK Biologi periode 2022/2023, serta ketua dan wakil ketua Kelompok Studi dan Kelompok Minat Biologi FMIPA Unesa periode 2022/2023. Pada periode ini, rapat kerja HMJ Biologi mengusung tema “Raising Profesionalism, Collaboration, and Innovation to Create a Better Governance and Great Work Programs.” Sesuai degan tema tersebut, diharapkan seluruh ormawa Jurusan Biologi FMIPA Unesa mampu meningkatkan profesionalitas, kolaborasi, dan inovasi untuk menciptakan kepengurusan organisasi yang baik dalam menyukseskan program kerja yang hebat.

          Pemerintah Indonesia telah menetapkan bahwasannya daerah Surabaya saat ini menduduki PPKM Level I Covid-19. Oleh karena itu, kegiatan Rapat Kerja dapat dilaksanakan secara hybrid melalui auditorium C10 dan melalui zoom meeting. Diadakannya kegiatan rapat kerja secara hybrid ini agar mahasiswa juga dapat meningkatkan kerja sama yang baik di lapangan secara langsung bersama-sama dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

          Kegiatan Rapat Kerja dilaksanakan pada hari Minggu, 27 Maret 2022, dihadiri oleh Pembina Ormawa HMJ Biologi dan peserta rapat kerja yang terdiri atas seluruh pengurus HMJ Biologi, MPK, Ketua dan wakil ketua Kelompok Studi dan Kelompok Minat Biologi FMIPA Unesa Periode 2022/2023, serta perwakilan mahasiswa aktif tiap kelas Jurusan Biologi FMIPA Unesa. Kegiatan dimulai pada pukul 07.30 WIB , diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, lalu dilanjutkan dengan sambutan dari ketua pelaksana, ketua HMJ Biologi, serta pembina Ormawa sekaligus membuka acara secara resmi. Memasuki serangkaian kegiatan inti yang pertama yaitu pemaparan program kerja dari HMJ Biologi, dilanjutkan pemaparan program kerja seluruh kelompok studi dan kelompok minat Jurusan Biologi FMIPA Unesa. Setelah pemaparan program kerja selesai, dimulailah prosesi pengukuhan pengurus HMJ Biologi “Nanas Merah” FMIPA Unesa periode 2022/2023, pengurus MPK Biologi periode 2022/2023, serta ketua dan wakil ketua Kelompok Studi dan Kelompok Minat Biologi FMIPA Unesa periode 2022/2023. Seluruh rangkaian kegiatan diakhiri dengan doa dan penutup.

          Setelah sukses melaksanakan kegiatan rapat kerja HMJ Biologi “Nanas Merah”, diharapkan seluruh pengurus ormawa mampu bekerja secara profesional, berkolaborasi dengan baik, dan meningkatkan kreativitas serta inovasi untuk menyukseskan program kerja yang telah dirancang sehingga mampu mencapai target keberhasilan, serta membawa manfaat baik untuk seluruh mahasiswa Biologi maupun masyarakat umum.

Gambar 1. Suasana Rapat Kerja 2022 di Auditorium C10
Gambar 2. Prosesi Pengukuhan Pengurus HMJ Biologi “Nanas Merah” dan MPK
Gambar 3. Dokumentasi Virtual via Zoom Meeting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »