Dokumentasi kegiatan Webinar dan Talkshow Lingkungan 2021

Seperti kita ketahui bersama, sampah merupakan salah satu permasalahan lingkungan yang tidak kunjung terselesaikan. Indonesia menghasilkan 67,8 juta ton sampah pada 2020. Selain itu, di era globalisasi yang semakin canggih, tentunya kesadaran masyarakat, utamanya generasi muda untuk menjaga lingkungan kian menurun. Salah satu upaya kita sebagai generasi muda adalah mengurangi penggunaan barang-barang sekali pakai. Hal ini merupakan salah satu bentuk perwujudan gaya hidup eco-friendly yang mampu mengurangi angka timbunan sampah yang kian meningkat di tiap tahunnya.

Sebagai solusi dari permasalahan di atas, maka HMJ Biologi “Nanas Merah” FMIPA Unesa menyelenggarakan sebuah program kerja Webinar dan Talkshow Lingkungan 2021 yang menghadirkan para pemateri-pemateri yang kompeten di bidangnya masing-masing. Program kerja ini merupakan sebuah kegiatan Webinar dan Talkshow online yang diselenggarakan oleh Departemen Pengabdian masyarakat dan Lingkungan dengan tema Peran Millenial dalam Mewujudkan Gaya Hidup Eco Friendly Sebagai Solusi Permasalahan Lingkungan di Era Pandemi. Program kerja ini dilaksanakan pada tanggal 17 Oktober 2021 dan dihadiri oleh kurang lebih 250 peserta. Webinar dan Talkhshow ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memberikan wawasan serta mengedukasi pelajar, mahasiswa, serta masyarakat mengenai peran generasi muda dalam menangani permasalahan lingkungan, utamanya permasalahan sampah di era pandemi serta menanamkan pola pikir sekaligus memasyarakatkan kesadaran lingkungan yang tinggi bagi generasi muda terutama mahasiswa dan pelajar serta masyarakat Indonesia dengan menerapkan gaya hidup eco-friendly.

Terdapat dua rangkaian acara pada kegiatan Webinar dan Talkshow Lingkungan 2021 ini. Acara yang pertama, yakni Webinar Lingkungan yang dibawakan oleh Adi Candra S.Si, M.Si. selaku Pegiat Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat DKRTH Kota Surabaya yang membahas mengenai permasalahan sampah di lingkungan, utamanya permasalahan sampah di kota-kota besar. Diikuti acara selanjutnya, yakni Talkshow yang dibawakan oleh dua pemateri sekaligus pengusaha muda yang juga merupakan founder Verterre Eco-store, yakni Ratri Sekar dan Tiffani Rpb. Talkshow ini membahas mengenai upaya-upaya megatasi permasalahan sampah di lingkungan, salah satunya dengan mencanangkan gaya hidup eco-friendly serta menghadirkan inovasi-inovasi produk eco-friendly yang dapat menginspirasi para kaum milenial .

Dengan diselenggarakannya Webinar dan Talkshow Lingkungan 2021 ini, diharapkan seluruh masyrakat, utamanya generasi muda sebagai pioneer kemajuan bangsa, mampu menerapkan ilmu serta wawasan yang telah didapatkan dari kegiatan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »