Menjadi bagian dari mahasiswa Biologi FMIPA Unesa memiliki peran unik dan tersendiri. Identitas mahasiswa Biologi seringkali dikaitkan dengan mahasiswa yang mencintai kehidupan, lingkungan, kelestarian lingkungan, dan sejenisnya. Berbeda dengan jurusan lain yang ada di FMIPA Unesa, Jurusan Biologi memang yang paling cocok dijadikan pioner untuk kegiatan pelestarian lingkungan. Jurusan Biologi memfasilitasi mahasiswanya dalam meata kuliah Konservasi Sumber Daya Alam dan Lingkungan sebagai media penyampaian materi yang berkaitan dengan lingkungan secara langsung dari Dosen kepada mahasiswa Biologi. Konsep-konsep materi KSDAL tersebut sangat penting untuk diekplorasi oleh seluruh mahasiswa agar mereka paham benar terkait pelestarian lingkungan dan bagaimana memanfaatkan sumber daya alam serta energi secara efektif. Namun, pemberian materi tanpa implementasi nyata tentu tidak akan terasa esensinya. Proses pemahaman konsep juga harus mencapai tahap penerapan untuk mengetahui apakah mahasiswa benar-benar paham bagaimana upaya untuk melestarikan lingkungan serta pemanfaatan sumber daya alam serta energi secara efektif.

Eco Campus merupakan kegiatan pemanfaatan sumber daya alam secara efektif dan efisien di lingkungan kampus. Konsep kegiatan yang diselenggarakan dapat berupa pemberian wawasan terkait efisiensi penggunaan air, listrik, kertas, dan lain-lain, serta pemanfaatan limbah seperti botol plastik sebagai pot tanaman dan limbah organik sebagai pupuk tanaman serta pemilihan tanaman yang cocok untuk ditanam sehingga dapat mengurangi polusi disekitar lingkungan kita. Kegiatan Eco Campus yang diselenggarakan oleh Biologi Unesa terdiri atas tiga rangkaian kegiatan yaitu Trash Sorting and Recycling, Planting to Reduce Global Warming, and Creating Takakura. Kegiatan pertama yaitu pemilahan sampah organik dan anorganik, dimana sampah organik seperti kulit buah, sisa sayur, dan sejenisnya dapat dimanfaatkan untuk pembuatan pupuk, serta sampah anorganik berupa botol plastik dapat didaur ulang sebagai pot media tanam. Kegiatan kedua yaitu penanaman tanaman pilihan yang dapat menyerap polusi udara dengan baik, sesuai dengan hasil observasi jurnal. Dan kegiatan terakhir yaitu pembuatan pupuk dangan memanfaatkan sampah organik sebelumnya menggunakan metode takakura. Seluruh rangkaian kegiatan dilakukan oleh mahasiswa baru jurusan Biologi Unesa 2021.

Dengan diselenggarakannya kegiatan Eco Campus, diharapkan mahasiswa baru jurusan Biologi Unesa mampu menerapkan wawasan yang diberikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga akan muncul kebiasaan baik yaitu efisiensi dalam penggunaan sumber daya alam.

Pemberian Materi Konservasi

Kegiatan Penanaman di Green House Biologi Unesa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »