Kegiatan latihan keterampilan manajemen mahasiswa ini diberi nama Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMM-TD) 2021 dengan Tema “Mengembangkan Potensi Mahasiswa dalam Menjadi Pemimpin yang Kritis, Kompeten dan Profesional di Era Tranformasi Digital”.Keterampilan untuk manajemen suatu kegiatan merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh mahasiswa. Keterampilan ini berguna untuk memanajemen kegiatan yang efektif dalam berorganisasi khususnya di lingkungan kampus. Dengan harapan mahasiswa tidak sekedar menjadi insan yang handal dalam bidang akademik tetapi juga memiliki kemampuan manajerial yang tangguh sebagai bekal mahasiswa yang merupakan tuntutan zaman di masa mendatang. Dunia di luar kampus penuh dengan persaingan dan tantangan. Setiap lulusannya diharuskan memiliki kemampuan lebih agar dapat bersaing dan bertahan di luar kampus tersebut.Kelangsungan suatu bangsa untuk masa yang akan datang sangat tergantung kepada mahasiswa, karena mahasiswa merupakan sebagai Agent of Change yang diharapkan mampu menjadi penerus bangsa. Mahasiswa tidak hanya dituntut memiliki kompetensi akademik saja tetapi juga harus memiliki keterampilan softskill yang dapat diperoleh melalui kegiatan ekstrakurikuler di luar kegiatan akademiknya seperti mengikuti kegiatan organisasi yang dimana nantinya mahasiswa diharapkan mampu berpikir kritis terhadap segala permasalahan-permasalahan yang tengah ada. Tetapi dengan adanya pandemi COVID-19 membuat memaksa segala kegiatan tatap muka termasuk perkuliahan dan kegiatan  organisasi  harus dilakukan di rumah melalui daring atau online.

Kemudian tujuan dari diadakannya kegiatan LKMM-TD (Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar) ini yaitu untuk mewadahi mahasiswa untuk belajar dan membekali mereka pengetahuan dan keterampilan dalam mengasah softskill melalui manajemen organisasi di kegiatan. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi salah satu bentuk upaya untuk mencetak mahasiswa yang mampu mengembangkan kemampuan softskill dan memiliki keterampilan dalam manajemen organisasi serta membuat mahasiswa bisa tetap produktif meskipun diera pandemi COVID-19 saat ini.

Tujuan dari kegiatan LKMM-TD 2021 sebagai berikut:

  1. Meningkatan pengetahuan dalam mengembangkan organisasi dan bekal mahasiswa agar siap terjun ke masyarakat
  2. Membentuk motivasi dan minat mahasiswa untuk mengikuti organisasi kemahasiswaan.
  3. Melatih mahasiswa untuk aktif, berpikir kritis dan mampu menjadi problem solver ketika terjun di masyarakat .
  4. Mempersiapkan calon pemimpin yang profesional dan mempersiapkan calon-calon penerus organisasi.

Kegiatan ini bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan pengetahuan dan keterampilan untuk menyiapkan mahasiswa menjadi Agent of Change  melalui  organisasi terutama dalam manajerial kegiatan kepada mahasiswa sehingga dapat meningkatkan kemampuan softskill untuk memanejemen suatu kegiatan organisasi kemahaiswaan di tingkat jurusan, fakultas, maupun universitas.pelaksanaan kegiatan LKMM-TD 2021 menggunakan sistem hybrd yangmana bagi panitia melaksanaakan di auditorium gedung biologi dan bagi peserta menggunakan media zoom meeting.harapan untuk program kerja LKMM-TD berikutnya adalah semoga bisa menjadi lebih baik lagi dan mempertahankan komponen yang telah sempurna pada program kerja LKMM-TD tahun ini.

Demikian ulasan yang dapat kami sajikan mengenai LKMM-TD 2021 HMJ Biologi “Nanas Merah” FMIPA UNESA. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua, terima kasih.

Dokumentasi Kegiatan LKMM-TD 2021

Days 1

Days 2

Dokumentasi Keseluruhan Dalam Acara LKMM-TD 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »