Kegiatan Diklat Konservasi dan Penelitian ini diberi nama Biostation (Biology Study and Exploration) 2021 dengan tema “Memanifestasi Mahasiswa Biologi Berintelektual, Komunikatif, dan Menjunjung Tinggi Rasa Solidaritas di Era Transformasi Digital”.

Dalam suatu perguruan tinggi, mahasiswa adalah salah satu dari sekian banyak elemen yang membentuknya. Organisasi kemahasiswaan berperan penting dalam menekan semua kebutuhan manusia secara implisit, artinya kebutuhan mahasiswa akan kreativitas, rasa dan inisiatif dapat dikomunikasikan melalui organisasi.

Manajemen mahasiswa adalah bentuk pembinaan dari pembentukan diri mahasiswa dari dalam. Manajemen mahasiswa diperlukan agar dalam diri setiap mahasiswa tertanam konsep tentang mahasiswa seutuhnya. Indonesia memiliki tingkat pendidikan tertinggi, sehingga siswa harus diajarkan secara tidak langsung apa yang dapat dijadikan ide dan hal-hal tersebut akan menjadi potensi setiap orang di masa depan. Pada hakikatnya pengajaran mengenai manajemen mahasiswa merupakan suatu keharusan agar dapat mengerti dan memahami apa yang terdapat dalam diri masing-masing individu. Pengajaran tersebut mempunyai banyak metode, salah satunya melalui metode pelatihan manajemen. Oleh karena itu, Departemen Pengembangan Sumber Daya Manusia HMJ Biologi “Nanas Merah” FMIPA Universitas Negeri Surabaya, bermaksud mengadakan pelatihan manajemen tingkat awal dan dan keakraban dengan lingkungan kampus yang dikemas dalam kegiatan Biostation 2021.

Kegiatan pengenalan lingkungan kampus dan pelatihan awal ini untuk memperkenalkan kemampuan soft skill, keterampilan manajemen kepada mahasiswa direncanakan secara matang dan dilakukan secara online agar dapat dijadikan momentum bagi mahasiswa baru untuk mendapat informasi yang tepat dan dapat mengenal sistem pendidikan di perguruan tinggi baik bidang akademik maupun non-akademik.

Biostation 2021 dilaksanakan pada tanggal 26 Agustus – 28 November 2021 melalui Zoom Meeting. Program kerja ini merupakan kegiatan berbentuk diklat konservasi dan penelitian. Sesi sharing dan diskusi melibaktkan anggota pengurus HMJ 2021/2022, Kelompok minat dan kelompok studi di jurusan Biologi, serta para alumni, dan bapak ibu dosen jurusan biologi FMIPA UNESA. Diskusi meliputi tentang pengenalan jurusan biologi, diklat konservasi dan penelitian, serta pengembangan di jurusan Biologi ke depan.

Dari serangkaian kegiatan Biostation 2021 yang telah dilaksanakan dengan baik hampir 3 bulan ini mahaiswa baru juruan biologi FMIPA UNESA memiliki pengetahuan yang lebih tentang budaya yang ada di Jurusan Biologi, dapat memiliki pola pikir yang lebih berintelektual, komunikatif, dan menjunjung tinggi rasa solidaritas di era transformasi digital, serta bertambah kemampuan pengetahuan dan keterampilan sehingga lebih siap untuk menjadi Agent of Change dan lebih siap untuk berkontribusi di Jurusan Biologi tercinta ini.

Dokumentasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »