Pandemi Covid-19 yang telah mewabah di seluruh dunia termasuk Indonesia menyebabkan semua elemen dituntut bisa adaptif untuk tetap menjalankan kehidupan berdampingan dengan Covid-19 memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi inilah yang kemudian juga harus didukung oleh sumber daya manusia yang berkompeten sehingga dapat dimanfaatkan dan diaplikasikan dengan baik atau maksimal.

Dalam mendukung persiapan generasi muda dalam aspek pengembangan keilmuan dan pengembangan karakter sehingga para generasi muda dapat mengatasi berbagai permasalahan yang akan datang, HMJ Biologi “Nanas Merah” yang merupakan salah satu organisasi kemahasiswaan di lingkup Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya mengadakan kegiatan BIOCOMPACT “Biology Competition and Application” Season 12. Kegiatan yang dinaungi oleh Departemen Penalaran dan Keilmuan ini terdiri dari tiga kategori lomba, yakni  Kompetisi Online Biologi (KONBI),Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) dan  Essay Competition (E-COMP).

Kompetisi Online Biologi atau KONBI merupakan cabang perlombaan yang mengadu pengetahuan dan pemahaman peserta dalam bidang biologi. KONBI terdiri dari 3 babak, babak penyisihan, babak semifinal dan babak Final. Babak penyisihan dilaksanakan pada hari Sabtu,16 Oktober 2021 dengan total 476 peserta melalui website Biocompactunesa.id. Peserta terbagi menjadi 5 wilayah/region berdasarkan posisi wilayah sekolah masing-masing. 5 Region tersebut antara lain Sumatra, Jawa-Bali, Kalimantan, Sulawesi dan Papua-Maluku-Nusa Tenggara. Dari masing-masing region diambil 3 peserta terbaik dan 35 terbaik nasional untuk melaju ke babak semifinal. Sebelum mengikuti babak semifinal, finalis difasilitasi kelas bimbingan yang disebut dengan konbimatrikulasi dilaksanakan pada tanggal 20 dan 21 Oktober 2021 dan dibimbing oleh dosen Biologi UNESA yakni Ibu Firas Khaleyla, S.Si., M.Si., dan Sari Kusuma Dewi, S.Si., M.Si. Babak semifinal dilaksanakan melalui website Biocompactunesa.id. pada hari Sabtu,23 Oktober 2021 dengan total 50 peserta. Sejumlah 6 peserta dengan nilai terbaik terpilih untuk mengikuti babak final. Babak Final dilaksanakan pada hari Sabtu, 30 Oktober 2021 melalui platform Zoom. Pada babak ini terdapat 3 Juri  yang akan menilai jawaban dari peserta. Dewan juri tersebut adalah Dra. Nur Kuswanti, M.Sc.St., Ahmad Bashri, S.Pd., M.Si., Dr. Tarzan Purnomo, M.Si.

Berdasarkan penilaian dewan juri, dari 6 peserta didapatkan juara sebagai berikut.

NoNamaSekolahJuara
1Imam ArdiansyahSMA Cahaya RancamayaJuara 1
2Savira Arzani Sugiharto PutriMAN 2 Kota MalangJuara 2
3Claire XingSMA Bina MuliaJuara 3
4Gita Rizki ASMAN 13 SurabayaJuara Harapan 1
5Natalie RichartaSMA Bina MuliaJuara Harapan 2
6Inayah ArdeliaMAN 1 Kuantan SingingiJuara Harapan 3

            Selain KONBI, Biocompact juga mewadahi generasi muda tingkat SMA/sederajat berkreasi, memberikan inovasi dalam penciptaan karya di cabang lomba Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) yang beranggotakan 2-3 orang dalam 1 tim. Adapaun sub-tema yang dapat dipilih dalam LKTI “Lomba Karya Tulis Ilmiah” Nasional ini adalah: (1) Lingkungan; (2) Ketahanan pangan; (3) Pendidikan; (4) Kesehatan; (5) Energi terbarukan (6) Teknologi. Berkas Proposal Karya Tulis Ilmiah yang sudah dibuat oleh peserta dikirim ke laman yang sudah disediakan. Berkas Proposal Karya Tulis Ilmiah peserta kemudian akan dihimpun dan diserahkan ke dewan juri untuk dinilai. Sebanyak 7 peserta dengan nilai tertinggi akan lolos ke babak final. Pada babak final dilaksanakan pada hari Jum’at, 29 Oktober 2021, peserta yang lolos akan mengirimkan full paper Karya Tulis Ilmiah dan PPT yang digunakan untuk presentasi.Dan dinilai langsung oleh dewan juri. Dewan juri tersebut adalah Erlix Rakhmad Purnama, S.Si., M.Si., Sari Kusuma Dewi , S.Si., M.Si. dan Dr. Raharjo, M.Si.

Adapun nama-nama juara yang didapatkan adalah sebagai berikut :

NoNama KetuaSekolahJuara
1Rifqi FadhilaMAN 1 JembranaJuara 1
2M.Rayyan Fatikhahur RMAN Insan CendekiaJuara 2
3Saifullah Ahmad MusyantoSMAIT Al UswahJuara 3

            Biocompact Season 12 juga hadir dikalangan mahasiswa S1/Sederajat di cabang lomba Essay Competition atau E-COMP ini merupakan cabang lomba yang menilai daya nalar peserta dalam menghadirkan solusi atas suatu permasalahan melalui gagasan tertulis.Pada E-COMP ini peserta dapat memilih 5 topik permasalahan untuk disajikan, antara lain lingkungan, ketahanan pangan, pendidikan, kesehatan dan energy terbarukan. Pada babak penyisihan, setiap peserta diwajibkan mengirimkan draft esai untuk dinilai. Penilaian meliputi aspek gagasan permasalahan dan solusi yang ditawarkan serta sistematika dan kebahasaan. Dari penilaian tersebut, didapatkan 10 peserta untuk mengikuti babak final. Pada babak final yang dilaksanakan pada hari Jum’at,29 Oktober 2021 peserta diminta untuk membuat terkait esai dan poster yang telah dibuat. Melalui esai dan poster tersebut, peserta akan memperebutkan posisi terbaik dan 1 posisi terfavorit berdasarkan pemilihan juri dan like pada karya yang diunggah pada instagram BIOCOMPACT. Dan dinilai langsung oleh dewan juri. Dewan juri tersebut adalah Lisa Lisdiana,S.Si., M.Si., Ph.D dan Dr. Pramita Yakub, M.Pd

Adapun juara pada cabang E-COMP adalah sebagai berikut.

NoNamaUniversitasJuara
1Nicole De BellUniversitas Negeri SurabayaJuara 1
2Wiwid Nurul AsmiUniversitas MataramJuara 2
3Maulana AzizInstitut Pertanian BogorJuara Favorit

Biocompact Season 12 yang dilaksanakan pada tahun 2021 menjadi tahun kedua Biocompact yang dilaksanakan secara daring. Dengan menghadirkan inovasi cabang lomba di tingkat mahasiswa, Dinni Shela Febrina selaku ketua pelaksana menyampaikan pengharapannya, semoga para peserta Biocompact Season 12 dapat meningkatkan semangatnya untuk terus aktif, inovatif dan kreatif untuk berjuang bersama dalam menghadapi pandemi dan memberikan kontribusi besar untuk kemajuan bangsa Indonesia.

Gambar 1. Kegiatan KonbiMatrikulasi
Gambar 2. Acara puncak Biocompact Season 12
Gambar 3. Dokumentasi salah satu para juara Biocompact Season 12

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »