Mentoring merupakan kegiatan pembinaan kerohanian dengan sistem membentuk kelompok kecil yang membahas tentang ilmu agama dan hafalan surat pendek. Kegiatan keagamaan ini di ikuti oleh mahasiswa baru dan di bagi menjadi 3 rangkaian kegiatan yaitu booming, mentoring, dan cloning. Pada tahun ini, tema yang diangkat adalah “Membangun Generasi Unggul dengan Pola Pikir yang Islami Melalui Mentoring”.

Sehubungan dengan masa pandemi Covid-19 yang belum berakhir, kegiatan Mentoring 2021 ini tidak dapat dilaksanakan secara tatap muka. Meskipun demikian, kondisi tersebut tidak menghalangi kepengurusan HMJ Biologi “Nanas Merah” periode 2021/2022 dalam melaksanakan program kerja mentoring. Kegiatan ini dirancang semirip mungkin dengan kondisi tatap muka melalui aplikasi online sehingga tujuan kegiatan dapat tercapai seperti yang diharapkan.

Kegiatan ini diawali dengan booming atau pembukaan mentoring yang dilaksanakan pada tanggal 11 September 2021. Kegiatan ini terdapat penyampaian materi agama islam dan agama Kristen protestan lalu dilanjutkan tanya jawab. Materi disampaikan oleh dua orang narasumber yakni Ust. Hutri Agus Prayudo selaku Founder Majelis Gaul dan Melyana Clarisa Pakpahan selaku Staff Departemen Advokasi, Informasi dan Komunikasi HMJ Biologi “Nanas Merah” 2020-2021. Para pemateri memberikan materi dan berbagi ilmu agama dengan peserta. Setelah para pemateri menyampaikan materi, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, sesi ini dimaksudkan agar peserta yang kurang paham dapat bertanya kepada pemateri. Tidak hanya materi saja, di kegiatan booming ini juga terdapat pengenalan organisasi keagamaan seperti UKKI, UK3P, dan Qolbun Salim.

Kegiatan mentoring sendiri dilaksanakan 1 minggu sekali mulai tanggal 12 September – 17 Oktober 2021. Kegiatan ini dimulai dari membaca Al Qur’an, dilanjutkan dengan penyampaian materi keagamaan oleh mentor yang terpilih. Di minggu terakhir, dilakukan khataman Al Qur’an oleh peserta yang beragama muslim

Kegiatan cloning dilaksanakan pada tanggal 23 Oktober 2021. Kegiatan ini meliputi dibuka dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh mahasiswa baru angkatan 2021 atas nama Arina Manasikana, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan do’a khataman, penyampaian kesan dan pesan, dan penutupan kegiatan mentoring 2021 oleh pembina ormawa.

Demikian ulasan yang dapat kami sampaikan mengenai kegiatan Mentoring 2021 yang dilaksanakan oleh HMJ Biologi “Nanas Merah” FMIPA UNESA. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »