Mahasiswa konon adalah generasi harapan yang nantinya mampu membawa perubahan bagi negara Indonesia untuk bisa bersaing dengan negara-negara di dunia. Mahasiswa dipandang sebagai Agent of Change (agen perubahan), dimana dituntut mampu untuk mengontrol keadaan bukan hanya sekedar mengkritik, tetapi juga memberikan kontribusi yang riil untuk perubahan yang lebih baik (agent of social control). Sebagai kaum intelektual mahasiswa harus bersikap berani dan kritis untuk mendobrak zaman ke arah kemajuan. Untuk membawa perubahan diperlukan adanya Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Melalui pendidikan hal tersebut bisa dicapai, dimana dalam pendidikan salah satunya dibekali dengan berbagai macam materi tentang ilmu pengetahuan.

Himpunan Mahasiswa Jurusan Biologi “Nanas Merah” FMIPA Universitas Negeri Surabaya memiliki suatu kegiatan yang dikhususkan untuk mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi Ujian Akhir Semester. Kegiatan ini dinamakan Biosoal. Biosoal merupakan kegiatan yang dapat membantu mahasiswa dalam belajar dan memahami suatu mata kuliah, serta membekali mahasiswa dalam menghadapi ujian akhir semester pada setiap semesternya. Dimana kegiatan ini dilaksanakan dengan mekanisme adanya pembahasan soal-soal ujian akhir semester dari tahun-tahun sebelumnya yang dipandu oleh koas dari mata kuliah yang dibahas.

Pada kegiatan Biosoal semester gasal dilakukan secara online melalui Zoom Meeting pada hari Jumat, 03 Desember 2021 mulai pukul 13.00-15.05 WIB dengan tema “Membangun Kompetensi Mahasiswa Menuju Sumber Daya Pendidikan yang Berkualitas”. Sasaran kegiatan Biosoal semester gasal adalah mahasiswa Jurusan Biologi angkatan 2020 dan 2021 dengan mata kuliah yang dibahas yaitu Genetika untuk angkatan 2020 dan Biologi Umum untuk angkatan 2021. Untuk pembahasan soal angkatan 2020 dipandu oleh koas yaitu Estu Salma Vijayta. Sedangkan untuk pembahasan soal angkatan 2021 dipandu oleh koas yaitu Umrotun Faridah, Irmia Wulan Junita, dan Greatania Ines Windari.

Dengan adanya kegiatan Biosoal ini diharapkan membantu mahasiswa untuk lebih memahami materi-materi yang diperlukan dalam ujian akhir semester. Dengan pemahaman mahasiswa yang tinggi, kesiapan dan kemudahan dalam menghadapi ujian akhir semester akan semakin tinggi, sehingga peluang untuk mendapatkan nilai akademik yang tinggi juga akan semakin besar.

Kegiatan Diskusi Soal Biologi Umum pada Angkatan 2021
Kegiatan Diskusi Soal Genetika pada Angkatan 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »