Perkembangan teknologi, ilmu pengetahuan, persaingan global yang semakin meningkat, serta peningkatan laju pertumbuhan penduduk yang tidak diiringi dengan ketersediaan lapangan kerja, mengharuskan setiap orang untuk mengubah pola pikirnya dari pencari kerja (job seeker) menjadi pencipta lapangan kerja (job creator). Mahasiswa yang merupakan agent of change dan social control diharapkan mampu memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut untuk mengurangi angka pengangguran dan kesenjangan sosial sebagai dampaknya. Oleh karena itu, sebagai mahasiswa sudah sepatutnya turut serta menuangkan ide kreatifnya untuk menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

National Creativepreneur merupakan sebuah kompetisi proposal kewirausahaan dan dilanjutkan dengan lomba video profil usaha untuk pada finalisnya. Kegiatan ini diadakan oleh departemen kewirausahaan HMJ Biologi “Nanas Merah” FMIPA, Unesa sebagai wadah bagi mahasiswa seluruh Indonesia untuk menuangkan ide kreatif dan inovatif dalam bidang wirausaha. Kegiatan ini mengangkat tema “Build an Innovative Ideas to Create Business Creative” dengan beberapa sub tema yang dapat dijadikan pedoman pengerjaan isi proposal oleh peserta meliputi jasa, industri kreatif, kuliner, teknologi dan budidaya.

Pandemi Covid-19 menyebabkan masyarakat melakukan work from home. Oleh karena itu, kegiatan National Creativepreneur 2021 dilaksanakan secara online melalui Instagram, google form dan whatsapp. Pada kegiatan ini terdapat 2 juri yang luar biasa yakni Ibu Septina Alrianingrum, S.S., M.Pd. selaku tim kewirausahaan pusat Unesa dan Ibu Dr. Pramita Yakub, M.Pd. selaku dosen matakuliah kewirausahaan jurusan biologi, FMIPA, Unesa.

Kegiatan ini diawali dengan pendaftaran dan pengumpulan proposal business plan pada tanggal 18-29 Oktober 2021 yang diikuti oleh 27 tim yang berasal dari berbagai universitas di Indonesia dengan masing-masing tim beranggotakan 2-3 mahasiswa. Proposal yang terkumpul sebanyak 27 proposal. Kemudian dilakukan seleksi tahap 1 pada tanggal 30 Oktober – 5 November 2021. Dari proposal-proposal yang telah terkumpul tersebut, dipilih 5 terbaik sebagai finalis. Para finalis kemudian membuat video profil usaha yang dikirimkan melalui google form pada tanggal 7-10 November 2021. Setelah itu, dilakukan seleksi tahap 2 pada tanggal 11-13 November 2021. Dewan juri melakukan penilaian kelima video finalis dan hasil penilaiannya diurutkan untuk mendapatkan juara 1,2 dan 3 serta harapan 1 dan 2. Kegiatan yang terakhir yaitu pengumuman pemenang yang dilaksanakan pada tanggal 14 November 2021.

Juara 1 diraih oleh tim dengan nama ketua Fauziyatul Iffah dengan proposal yang berjudul Krawu Banjar (Krawu Bandeng Dan Jamur) Sebagai Alternatif Ready To Serve Food Kaya Nutrisi Khas Gresik. Juara 2 diraih oleh tim dengan nama ketua Silvia Putri Faradila dengan proposal yang berjudul Healthy Boba Life. Juara 3 diraih oleh tim dengan nama ketua Rendra Aditya Pratama dengan proposal yang berjudul Gesingan (Nugget Singkong Kekinian). Harapan 1 diraih oleh tim dengan nama ketua Erin Eka Putri O dengan proposal yang berjudul Proker Forfish (Probiotik Kersen Untuk Ikan) dan harapan 2 diraih oleh tim dengan nama ketua Melisa Adam Jasmine dengan proposal yang berjudul Bubur Api : Buku Kelopak Bunga Aromaterapi Dari Limbah Kertas Guna Mewujudkan Sdg’s 2030.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »