Program pengabdian pada masyarakat dari HMJ Biologi “Nanas Merah” FMIPA UNESA merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap periodenya. Program ini diberi nama Biologi Mengabdi, yang pada tahun ini mengusung tema “Pengabdian Masyarakat sebagai Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi Untuk Mewujudkan Masyarakat Sehat, Cerdas, dan Kreatif di Masa Pasca Pandemi”. Dengan melakukan kegiatan-kegiatan inovatif, edukatif, dan informatif dengan warga di Desa tertentu, tidak jarang program ini sering dijuluki Mini KKN Biologi.

Desa Gisik Cemandi yang menjadi tempat mini KKN Biologi tahun ini. Desa dengan sumber daya manusia dan sumber daya alam yang potensial dengan masyarakat desa yang sangat ramah dan terbuka terhadap ilmu-ilmu baru, serta sumber daya alamnya yang berupa kerang darah merupakan komoditas utama desa. Sangat memenuhi kriteria untuk menjadikan Desa ini lebih maju lagi. Namun sayangnya, keterbatasan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak membuat potensi-potensi yang ada menjadi hal yang membangun desa. Akibatnya, masih terdapat kesenjangan sosial dan ekonomi pada masyarakat Desa Gisik Cemandi.

Oleh karena itu, perlu dilakukan perubahan dalam hal pengembangan potensi sumber daya manusia pada bidang pendidikan serta pengembangan potensi sumber daya alam di bidang kewirausahaan guna mencapai kesejahteraan masyarakat. Serangkaian kegiatan di bidang pendidikan, sosial, kesehatan dan ekonomi akan dilaksanakan sebagai upaya pengembangan sumber daya manusia dan sumber daya alam Desa Gisik Cemandi. Dengan melaksanakan peran mahasiswa sebagai agent of change serta sebagai wujud implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian masyarakat, HMJ Biologi “Nanas Merah” FMIPA Universitas Negeri Surabaya dengan penuh semangat mengabdikan diri dalam kegiatan “Biologi Mengabdi 2021” untuk mewujudkan cita-cita dan harapan menuju masyarakat yang sejahtera.

Melalui kegiatan-kegiatan yang mengajak masyarakat untuk berkreasi, berpikir kritis, dan menciptakan inovasi usaha baru serta respon masyarakat yang positif membuat program yang dilaksanakan pada 5-7 November 2021 ini dapat berjalan dengan lancar.

Gambar 1. Kepala Desa Gisik Cemandi dan Ketua Pelaksana dalam penyerahan tanda terima kasih secara simbolis kepada pihak Desa.
Gambar 2. Kegiatan Bantuan Sosial kepada warga Desa Gisik Cemandi yang kurang beruntung.
Gambar 3. Workshop Media Pembelajaran di SDN Gisik Cemandi dengan dihadiri Guru-Guru SDN Gisik Cemandi.

Semoga dengan diadakannya program ini dapat membawa dampak positif dan memberi kemajuan bagi Desa Gisik Cemandi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »