Pada era dan kondisi pandemi ini, banyak orang yang berpikir akan sulit untuk membangun usaha dari nol hingga sukses, terlebih lagi para mahasiswa. Hal tersebut menjadikan para mahasiswa pesimis untuk membangun sebuah usaha. Padahal para mahasiswa dapat mengubah pola pikir tersebut dengan melihat serta menganalisis kondisi yang ada. Memang dengan adanya perkembangan zaman, teknologi,  ilmu pengetahuan, dan persaingan global yang disertai meningkatnya jumlah penduduk akan mengakibatkan berkurangnya ketersediaan lapangan pekerjaan. Berkaca dari semua masalah tersebut, mahasiswa seharusnya dapat tergerak untuk melakukan perubahan dan inovasi, salah satunya dengan berwirausaha dan menciptakan peluang bisnis baru atau dapat juga dengan menginovasi produk yang sudah ada menjadi sesuatu yang unik. Program dari DIKTI yang bernama PMW (Program Mahasiswa Wirausaha) merupakan program pengembangan keterampilan bagi mahasiswa dalam berwirausaha yang dilaksanakan oleh PTN dengan tujuan agar mahasiswa dapat mengembangkan keterampilan wirausaha mereka dengan membangun usaha yang kreatif dan juga inovatif. Dimana kreatif dan inovatif merupakan kunci yang penting dalam berwirausaha. Namun, masih banyak mahasiswa yang kesulitan untuk menemukan ide-ide yang kreatif dan inovatif dalam membangun sebuah usaha. Oleh karena itu, diadakan agenda yang bernama BOMP 2021.

Apa sih BOMP 2021 itu? BOMP yang merupakan singkatan dari Biologi Menembus PMW 2021 adalah agenda baru yang berupa webinar dan diskusi online yang bertujuan untuk memberikan tips dan trick bagi mahasiswa Jurusan Biologi, FMIPA, Unesa yang ingin mengikuti PMW (Program Mahasiswa Wirausaha) agar dapat menciptakan usaha yang kreatif dan inovatif serta agar lolos terdanai PMW. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Departemen Kewirausahaan HMJ Biologi “Nanas Merah”, FMIPA, Unesa dengan tema “Menumbuhkan Kreativitas Berwirausaha di Lingkungan Mahasiswa Biologi”.

Gambar 1. Pamflet BOMP 2021

Pada kondisi pandemi Covid-19 ini, BOMP 2021 diadakan secara online melalui zoom meeting pada tanggal 14 November 2021 pukul 08.00-selesai. Dalam kegiatan tersebut terdapat 2 pemateri yang sangat luar biasa yakni Ibu Sari Kusuma Dewi, S.Si., M.Si. selaku dosen Jurusan Biologi serta Kasublab Kewirausahaan dan Kak Nurul Fadilah, S.Si. selaku mahasiswa lolos PMW terdanai tahun 2018 serta mahasiswa berprestasi tahun 2020. Kemudian kegiatan ini tidak dipungut biaya atau Free HTM. Lalu, apa sih keuntungan ikut BOMP? Tentu banyak banget keuntungan yang bisa diperoleh, yaitu e-sertifikat, doorprize, ilmu yang bermanfaat, dan notulensi.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menjadi peluang bagi mahasiswa Jurusan Biologi, FMIPA, Unesa untuk dapat termotivasi dalam membangun suatu usaha yang kreatif dan inovatif dengan melihat peluang usaha yang ada di sekitar serta dengan bermodal ilmu-ilmu dasar dalam membangun suatu usaha.

Gambar 2. Penyampaian Materi oleh Ibu Sari Kusuma Dewi, S.Si., M.Si.
Gambar 3. Penyampaian Materi oleh Kak Nurul Fadilah, S.Si.
Gambar 4. Dokumentasi Kegiatan BOMP 2021
Gambar 5. Dokumentasi Kegiatan BOMP 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »