Webinar Biology Science and Development 2021 merupakan kegiatan yang diselenggarakan dengan tujuan untuk memberikan pemaparan kepada para peserta terkait informasi atau pengetahuan baru mengenai dunia industri, memberikan wawasan dan keterampilan dalam mengembangkan kreativitas mahasiswa dalam hal kemampuan penerapan ilmu Biologi di bidang industri serta pengembangan ilmu terapan di balai penelitian agar kedepannya mahasiswa dapat mengembangkan kemampuan diri menghadapi era globalisasi.

Seperti yang kita ketahui, prospek kerja jurusan Biologi sangatlah menjanjikan, khususnya dalam dunia bisnis dan kewirausahaan, mulai dari jual beli tanaman hias sampai bisnis kuliner. Sehingga dengan adanya kegiatan Webinar Biology Science and Develompent ini, diharapkan para warga biologi dari Universitas Negeri Surabaya atau mahasiswa dari universitas lain bisa mengambil manfaat dan memiliki gambaran terkait prospek kerja dari jurusan biologi, dan dapat mengembangkan ilmu biologi yang bukan hanya berguna bagi dunia pendidikan namun bagi dunia industri.

Departemen Komunikasi dan Informasi (Kominfo), HMJ Biologi “Nanas Merah” FMIPA Unesa menjadi wadah bagi para mahasiswa untuk mendapatkan informasi dan ilmu-ilmu yang bermanfaat mengenai pandangan dunia kerja para lulusan biologi dan informasi magang yang sangat dibutuhkan oleh mahasiswa di semester atas, yakni dengan mengadakan Webinar Biology Science and Development 2021 dengan tema “Catch Opportunities and Built Your Own Path with BSD 2021”

Acara Webinar ini dilaksanakan melalui Zoom Meeting pada hari Jumat, 17 September 2021 yang dimulai pada pukul 08.00 – 10.10 WIB. Pada Kegiatan ini pula, dihadirkan pemateri/narasumber yang sangat ahli di bidangnya yaitu Ibu Ir. Baswarsiati, MS. selaku Peneliti Ahli Utama di Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jawa Timur. Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri oleh 360 peserta yang terdiri dari mahasiswa jurusan biologi dari angkatan 2018-2021 dan juga mahasiswa di luar jurusan biologi FMIPA Unesa, serta mahasiswa dari luar Universitas Negeri Surabaya.

Berdasarkan materi yang disampaikan pada Kegiatan Webinar Biology Science and Develompent 2021, kesimpulan yang diperoleh dari materi yang disampaikan oleh ibu Baswarsiati yaitu “Yang Lokal Yang Unggulan” Indonesia menduduki peringkat ke dua dunia sebagai negara yang memiliki kelimpahan sumber daya, satu peringkat dibawah negara Brazil.  Dengan adanya kelimpahan sumber daya yang kita miliki, seharusnya kita bisa memanfaatkannya dengan maksimal dan mengembangkannya dengan baik agar varietas-varietas yang ada tidak kalah saing dengan produk-produk negara asing, sehingga Indonesia bisa melakukan ekspor dan menguasai pasar internasional bukan hanya melakukan impor saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »