Organisasi kemahasiswaan adalah sarana pengembangan diri mahasiswa untuk menanamkan sikap ilmiah, pemahaman tentang arah profesi dan sekaligus meningkatkan kerjasama serta menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan. Sebagai sarana pengembangan diri, dalam organisasi diperlukan suatu kegiatan yang dapat memberikan manfaat bagi semua mahasiswa. Kegiatan ini dapat berupa bidang akademik maupun non akademik. Hal ini juga terdapat dalam Himpunan Mahasiswa Jurusan Biologi “Nanas Merah” FMIPA Universitas Negeri Surabaya, dimana terdapat suatu kegiatan dalam bidang akademik yang dikhususkan untuk mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi Ujian Akhir Semester. Kegiatan ini dinamakan Biosoal.

Biosoal merupakan kegiatan dimana mahasiswa belajar dan melakukan pembahasan tentang soal-soal ujian akhir semester dari tahun-tahun sebelumnya yang akan dipandu oleh koas dari mata kuliah yang dibahas. Tujuan dari penyelenggaraan Biosoal yaitu untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai materi-materi dalam ujian akhir semester, meningkatkan dan mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam melakukan analisis soal, serta memberikan gambaran mengenai soal-soal ujian akhir semester kepada mahasiswa.

Dikarenakan adanya pandemi COVID-19 yang belum berakhir, mengharuskan mahasiswa melakukan kegiatan di rumah maka kegiatan Biosoal semester genap dilakukan secara online melalui Zoom Meeting. Pada Biosoal semester genap ini diadakan pada hari Jumat, 28 Mei 2021 mulai pukul 08.00-10.05 WIB dengan tema “Membangun Kompetensi Mahasiswa Menuju Sumber Daya Pendidikan yang Berkualitas”. Sasaran kegiatan dalam Biosoal semester genap adalah adalah mahasiswa Jurusan Biologi angkatan 2019 dan 2020 dengan mata kuliah yang dibahas yaitu Fisiologi hewan untuk angkatan 2019 dan Struktur Perkembangan Hewan untuk angkatan 2020. Untuk pembahasan soal angkatan 2019 dipandu oleh koas dari angkatan 2017 yaitu Annisa Arifatuz Zuhriyah. Sedangkan untuk pembahasan soal angkatan 2020 dipandu oleh koas dari angkatan 2017 yaitu Syefrina Rosyada dan Agustina Fajar Rini.

Demikian ulasan yang dapat kami sampaikan mengenai kegiatan Biosoal 2021 yang dilaksanakan oleh HMJ Biologi “Nanas Merah” FMIPA Universitas Negeri Surabaya. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Terima kasih.

Dokumentasi Kegiatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »