Kegemaran atau hobi merupakan suatu bentuk kegiatan yang dilakukan secara teratur, dan dikerjakan untuk kesenangan diri selama waktu luang. Hobi ini nantinya akan menjadi suatu kemampuan atau potensi yang perlu dikembangkan atau dilatih sehingga mencapai kecakapan, pengetahuan, dan keterampilan khusus. Pada era modern ini, terlebih era digital diberikan berbagai kemudahan kepada setiap orang dalam mengekspresikan hobi mereka. Selama pandemi Covid-19, Pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk seluruh warga menghindari aktivitas atau kegiatan yang mengumpulkan masa guna memutus risiko penularan Covid-19. Dengan adanya pandemi ini membuat ruang gerak masyarakat dalam beraktivitas kian sempit, seperti halnya mahasiswa yang kegiatannya juga dibatasi, salah satunya ialah perkuliahan yang harus dilakukan di rumah secara daring atau online demi keamanan diri. Pembatasan sosial yang dirasakan sebagian besar masyarakat ini tentu membuat jenuh dan bosan. Orang-orang yang memiliki hobi atau kegemaran yang dilakukan diluar ruangan untuk sementara waktu sangat dibatasi.

BioFest (Biologi Festival) merupakan salah satu kegiatan kunjungan rutin setiap tahun yang dilaksanakan oleh kepengurusan HMJ Biologi “Nanas Merah” FMIPA Unesa yang berisikan tentang bagaimana cara mahasiswa mengekspresikan rasa jenuh mereka melalui hobi masing-masing dengan memanfaatkan teknologi digital. Pada tahun ini, kepengurusan HMJ Biologi “Nanas Merah” FMIPA Unesa periode 2021/2022 melakukan kegiatan Biologi Festival pada hari Sabtu, 24 April 2021 hingga hari Sabtu, 01 Mei 2021. Tema yang diangkat dari kegiatan kompetisi seni dan olahraga online ini adalah “Fun Times Through Adversity.”

Adapun tujuan dari diadakannya kegiatan Biologi Festival 2021 antara lain adalah untuk 1) Melatih cara berfikir kreatif dan inovatif pada generasi muda melalui kegiatan positif, 2) Memanfaatkan teknologi digital dengan baik dalam melakukan kegiatan positif, 3) Memupuk jiwa sosial dan sportifitas dalam sebuah kompetisi, dan 4) Menjadi wadah untuk mengasah ketrampilan di waktu luang. Sedangkan manfaat dari diadakannya kegiatan Biologi Festival 2021 ialah menciptakan cara berfikir kreatif dan inovatif, melatih untuk berkompetisi secara positif dan percaya diri, serta mampu meningkatkan kualitas diri.

Sehubungan dengan masa pandemi Covid-19 yang belum berakhir, kegiatan Studi Banding 2021 ini tidak dapat dilaksanakan secara tatap muka. Meskipun demikian, kondisi tersebut tidak menghalangi kepengurusan HMJ Biologi “Nanas Merah” periode 2021/2022 dalam melaksanakan program kerja Biologi FestivalHMJ Biologi “Nanas Merah” 2021. Kegiatan ini dirancang semirip mungkin seperti saat tatap muka tetapi secara online melalui aplikasi Tik Tok, Mobil Legends, dan PUBG Mobile sehingga tujuan kegiatan dapat tercapai seperti yang diharapkan.

Demikian ulasan yang dapat kami sampaikan mengenai kegiatan Biologi Festival 2021 yang dilaksanakan oleh HMJ Biologi “Nanas Merah” FMIPA Unesa. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat.

Dokumentasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »