Ramadhan merupakan bulan yang penuh kemuliaan dan keberkahan. Kehadirannya selalu dirindukan oleh semua umat muslim. Namun, pada masa pandemi covid-19 saat ini, aktivitas masyarakat harus dibatasi karena adanya peraturan pemerintah yang mengharuskan masyarakat untuk mengurangi interaksi di luar rumah. Keadaan tersebut bukanlah penghalang bagi umat muslim untuk menunaikan ibadah. Ibadah pada masa pandemi covid-19 sangat dianjurkan, sebab memiliki keutamaan sebagai pencegah dari segala bahaya, salah satunya dari virus corona. Pada bulan Ramadhan, setiap umat muslim berbondong-bondong berderma karena Allah akan mencukupkan rezeki setiap insan yang bersedekah terutama di Bulan Suci Ramadhan. Tidak hanya bersedekah, umat muslim juga memperbanyak ibadah dengan mengaji, karena segala amal manusia yang dilaksanakan niscaya akan dilipatgandakan oleh Allah SWT.

Biologi Berbagi dan Mengaji 2021 merupakan program kegiatan bakti sosial yang dilakukan dengan berbagi dan mengaji di Panti Asuhan Muhammadiyah Gayungan “Al Muttaqin” pada bulan Ramadhan, tepat dilaksanakan pada hari Sabtu, 24 April 2021 pukul 14.00 – 16.30 WIB. Tema yang diusung pada program kerja ini yakni “Awali Langkah dengan Berbagi dan Beribadah di Bulan Penuh Berkah”.

Adapun tujuan dari diadakannya kegiatan Biologi Berbagi dan Mengaji 2021 antara lain  untuk 1) Melaksanakan program kerja Himpunan Mahasiswa Jurusan Biologi periode 2021/2022, 2) Memperbanyak ibadah pada Bulan Ramadhan dengan berbagi pada masyarakat terdampak pandemi, utamanya anak-anak panti, 3) Mempererat tali silaturahmi antara Mahasiswa Jurusan Biologi dengan masyarakat terutama penghuni panti asuhan, serta 4) Meningkatkan rasa syukur dan kepedulian terhadap sesama di Bulan Suci Ramadhan. Sedangkan manfaat dari diadakannya Biologi Berbagi dan Mengaji 2021 menjadikan mahasiswa memiliki rasa simpati untuk berbagi terhadap sesama terutama di masa pandemi covid-19 yang telah memberikan dampak sosial bagi masyarakat, dapat menjadi salah satu bentuk ibadah di Bulan Ramadhan dengan sikap peduli terhadap penghuni panti asuhan, dan mahasiswa mampu menciptakan rasa persaudaraan dan persatuan dengan masyarakat terutama di lingkungan masyarakat, serta dapat menghibur anak-anak panti sebagai upaya peningkatan imunitas tubuh dengan membagikan kebahagiaan kepada orang lain.

Sehubungan dengan masa pandemi covid-19 yang belum berakhir, kegiatan Biologi Berbagi dan Mengaji 2021 dilaksanakan secara hybrid. Kegiatan ini dihadiri oleh pengurus dan anak panti asuhan  serta perwakilan panitia secara offline, sedangkan panitia lain berada pada room google meeting. Pelaksanaan kegiatan secara offline dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Demikian ulasan yang dapat kami sampaikan mengenai kegiatan Biologi Berbagi dan Mengaji 2021 yang dilaksanakan oleh HMJ Biologi “Nanas Merah” FMIPA Unesa. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Dokumentasi Kegiatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »