Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh rahmat, berkah dan bulan suci yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam. Allah SWT membuka lebar pintu ampunan dosa dan kesalahan yang telah dilakukan selama ini. Bulan Ramadhan merupakan bulan diturunkannya wahyu pertama kali kepada Nabi Muhammad SAW berupa Al-Qur’an surah Al-Alaq ayat 1 sampai 5.

Pada era globalisasi, banyak manusia disibukkan dengan urusan dunianya masing-masing. Bulan Ramadhan ini merupakan anugerah bagi umat Islam, yaitu sebuah kesempatan untuk memperbanyak ibadah dan juga dapat mengatur waktu untuk urusan yang bermanfaat. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melaksanakan kegiatan Festival Ramadhan 2021. Kegiatan ini merupakan Program kerja Departemen Agama HMJ Biologi “Nanas Merah”. Kegiatan festival ramadhan adalah salah satu upaya untuk meningkatkan kegiatan islami selama bulan Ramadhan. Dalam kegiatan ini bertujuan agar semua warga Jurusan Biologi Universitas Negeri Surabaya dapat menjadikan Bulan Ramadhan sebagai ladang pahala dengan melakukan ibadah-ibadah yang tetap menyeimbangkan dengan urusan yang lain.

Pemerintah Indonesia telah menghimbau seluruh warga untuk mengindari kegiatan yang mengumpulkan masa guna mengurangi risiko penularan Pandemi Covid-19. Namun demikian, kondisi tersebut tidak menyurutkan semangat kepengurusan HMJ Biologi “Nanas Merah” periode 2021/2022 dalam melaksanakan program kerja festival Ramadhan 2021. Kegiatan ini dirancang menggunakan aplikasi online, sehingga tujuan kegiatan dapat tercapai sebagaimana mestinya.

Tujuan dari penyelenggaraan Festival Ramadhan 2021 antara lain, meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, menyemarakkan bulan suci ramadhan dengan kegiatan bermanfaat, menanamkan rasa cinta agama tanpa melalaikan kegiatan perkuliahan, berlomba-lomba dalam kebaikan (fasthabiqul khairat), sertamemberikan upaya perguruan tinggi untuk membangun generasi muda yang berakhlak dan berkarakter.

Kegiatan Festival Ramadhan 2021 dikhususkan untuk mahasiswa jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dan dilaksanakan pada bulan Ramadhan 1442 H yang dimulai pada 12 April s.d 9 Mei 2021. Dalam Festival Ramadhan 2021 ini terdapat beberapa kegiatan yaitu pembukaan, konten islami (quotes Ramadhan, podcast Ramadhan), Khataman Al-Qur’an Online serta kultum pada saat penutupan Festival Ramadhan. Pada pembukaan festival Ramadhan dilakukan via WhatsApp Group, kemudian untuk konten Islami dilaksanakan di media sosial, dan untuk penutupan dilaksanakan via Zoom Meeting.

Kegiatan Festival Ramadhan ini dibuka oleh Ketua Jurusan Biologi, Ibu Dr. Rinie Pratiwi Puspitawati M.Si. Beliau berkata, “Syukur alhamdullilah kita semua para akademisi masih disadarkan untuk selalu mendekatkan diri pada Allah lebih-lebih di bulan Ramadhan yang penuh ampunan ini. Ini semua karena kasih sayang Allah pada kita semua.”

Setelah kegiatan khataman online jilid 2, peserta mengisi link google form sebagai syarat saat selesai membaca bagian Juznya. Banyak peserta yang mengapresiasi kegiatan ini dan berharap diadakan kembali untuk tahun depan. “Semoga tahun depan diadakan lagi”, ujar Ruhil Ummu Maulida. “Terimakasih atas kesempatannya. Aamiin.”, tambah Lisa Wulandari.

Demikian ulasan mengenai Festival Ramadhan 2021. Semoga tahun depan bisa diadakan kembali dengan lebih baik lagi dan semoga bermanfaat.

Dokumentasi Kegiatan

             

             

             

                          

               

             

           

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »