Upgrading merupakan salah satu upaya yang penting untuk mencapai keberhasilan suatu program kerja dalam satu periode kepengurusan yang memiliki tujuan mengembangkan soft skill mahasiswa dalam suatu organisasi, sehingga kualitas kinerja kepengurusan menjadi stabil dan lebih baik. Kualitas kinerja pengurus dipengaruhi oleh beberapa hal, yakni cara menyikapi suatu konflik dalam organisasi, hubungan kekeluargaan antar pengurus, komunikasi, motivasi, dan evaluasi. Kelima hal tersebut harus selalu dijaga dan ditingkatkan agar suatu program kerja dapat berhasil. Tidak terkecuali juga pada ormawa yang ada di jurusan Biologi FMIPA UNESA yaitu HMJ Biologi “Nanas Merah” FMIPA UNESA. Demi meningkatkan kualitas kinerja kepengurusan, Departemen Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) HMJ Biologi “Nanas Merah” FMIPA UNESA memberikan wadah untuk meningkatkan hal tersebut lewat acara Upgrading tahun 2021 degan tema “Optimalisasi Kinerja Kepengurusan dengan Menjunjung Tinggi Semangat Kebersamaan dan Rasa Tanggung Jawab”. Acara tersebut dilaksanakan dalam dua tahap yakni tahap pertama pada tanggal 17-18 April 2021 dan tahap kedua pada tanggal 7 Agustus 2021. Diadakannya Upgrading tahun 2021 dalam dua tahap ini dengan tujuan untuk melihat kinerja kepengurusan periode ini dalam pelaksanaan program kerja, sehingga kegiatan evaluasi dapat berjalan dengan baik dan masalah yang sudah terjadi pada program kerja yang lalu tidak terulang di waktu yang akan datang. Selain untuk melihat kinerja pengurus, pelaksanaan upgrading dalam dua tahap ini juga mempunyai tujuan untuk melihat keeratan hubungan kekeluargaan antar pengurus dalam beberapa bulan, sehingga saat evaluasi nanti juga dapat memperbaiki masalah-masalah terkait internal HMJ Biologi sehingga dapat meminimalisir konflik pada program kerja selanjutnya. Dalam Upgrading tersebut, adanya pemberian materi oleh alumni dari Departemen PSDM yang sebagai bekal dan pengingat bagi seluruh pengurus untuk dapat melaksanakan program kerja dengan maksimal dan sebagai sarana dalam hal mempererat solidaritas antar pengurus dan menumbuhkan motivasi dalam menjalankan program kerja. Selain itu, dalam Upgrading 2021 tahap pertama juga terdapat beberapa permainan yang ditujukan kepada seluruh pengurus, baik yang membahas terkait program kerja maupun terkait karakter setiap pengurus  sebagai sarana meningkatkan solidaritas antar pengurus agar maksimal dalam melaksanakan program kerja. Diharapkan dengan adanya kegiatan tersebut, dapat menciptakan suasana organisaasi menjadi lebih hangat dan harmonis. Selain itu, tujuan dari diselenggarakannya kegiatan ini, diantaranya :

1. Menanamkan semangat kebersamaan antar pengurus HMJ Biologi “Nanas Merah” periode 2021/2022.

2. Meningkatkan rasa tanggung jawab untuk setiap pengurus HMJ Biologi “Nanas Merah” periode 2021/2022 dalam pelaksanaan program kerja.

3. Membangkitkan motivasi dan semangat organisasi dalam pelaksanaan program kerja selama satu periode kepengurusan.

4. Sarana untuk mempererat hubungan antar pengurus HMJ Biologi “Nanas Merah” periode 2021/2022 .

5.Sarana evaluasi dan pencarian solusi alternatif bagi masalah dalam pelaksanaan program kerja.

Sehubungan dengan masa pandemi yang akan segera berakhir, pengurus HMJ Biologi “Nanas Merah” periode 2020/2021 telah melaksanakan program kerja Upgrading tahun 2021 tahap pertama ini secara Hybrid, yakni beberapa panitia yang berdomisili area Surabaya dan sekitarnya dapat mengikuti Upgrading di kampus Universitas Negeri Surabaya dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan secara ketat. Disamping itu, juga tetap masuk ke dalam zoom meeting. Sedangkan panitia yang berdomisili jauh dari kampus Universitas Negeri Surabaya, dapat mengikuti Upgrading di zoom meeting. Dengan cara tersebut, dapat meningkatkan rasa kekeluargaan antar pengurus HMJ Biologi “Nanas Merah” periode 2020/202, sehingga bisa bekerja sama dengan baik dalam melaksanakan program kerja HMJ Biologi “Nanas Merah” FMIPA UNESA dalam periode 2021/2022.

Demikian ulasan yang dapat kami sajikan mengenai Upgrading 2021 HMJ Biologi “Nanas Merah” FMIPA UNESA. Semoga artikel ini bermaanfaat untuk kita semua, terima kasih.

Dokumentasi

Hari Pertama

Hari Kedua

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »