Organisasi mahasiswa merupakan suatu bagian yang penting dalam kemahasiswaan. Dalam proses pembentukan organisasi, tentunya suatu organisasi tersebut membutuhkan informasi dan pengetahuan, baik dari dalam maupun dari luar organisasi itu sendiri. Studi banding sendiri adalah suatu kegiatan yang dilakukan dengan sarana untuk menambah wawasan dan pengetahuan yang akan diterapkan kedepannya agar menjadi lebih baik.

Studi Banding merupakan salah satu kegiatan kunjungan rutin setiap tahun yang dilaksanakan oleh kepengurusan HMJ Biologi “Nanas Merah” FMIPA Unesa ke HMJ Biologi dari universitas lain. Pada tahun ini, kepengurusan HMJ Biologi “Nanas Merah” FMIPA Unesa periode 2021/2022 melakukan Studi Banding dengan HIMBIO (Himpunan Mahasiswa Biologi) Unair, tepat dilaksanakan pada hari Minggu, tanggal 11 April 2021 pukul 08.00-12.15 WIB. Pada tahun ini, tema yang diangkat adalah “Building Relationship and Sharing Experiences to Improve Organizational Performance.”

Adapun tujuan dari diadakannya kegiatan Studi Banding 2021 antara lain adalah untuk 1) Menjalin relasi dengan Himpunan Mahasiswa Biologi dari universitas lain, 2) Sebagai wadah diskusi antar organisasi mahasiswa dari kedua universitas, 3) Mengambil pembelajaran yang dapat diterapkan dalam kegiatan organisasi, dan 4) Sarana berbagi pengetahuan dan pengalaman yang bermanfaat. Sedangkan manfaat dari diadakannya kegiatan Studi Banding 2021 ini memperoleh wawasan dan pengetahuan baru dari organisasi mahasiswa antar universitas, menjalin silaturahmi, menambah relasi, serta menjadi jembatan dalam berbagai kegiatan organisasi maupun kegiatan akademik.

Sehubungan dengan masa pandemi Covid-19 yang belum berakhir, kegiatan Studi Banding 2021 ini tidak dapat dilaksanakan secara tatap muka. Meskipun demikian, kondisi tersebut tidak menghalangi kepengurusan HMJ Biologi “Nanas Merah” periode 2021/2022 dalam melaksanakan program kerja Studi Banding HMJ Biologi “Nanas Merah” 2021. Kegiatan ini dirancang semirip mungkin seperti saat tatap muka tetapi secara online melalui platform Zoom Meeting sehingga tujuan kegiatan dapat tercapai seperti yang diharapkan.

Demikian ulasan yang dapat kami sampaikan mengenai kegiatan Studi Banding 2021 yang dilaksanakan oleh HMJ Biologi “Nanas Merah” FMIPA Unesa. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat.

Dokumentasi Kegiatan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »