Kegiatan Rapat Rutin 2020 merupakan program kerja Badan Pengurus Harian HMJ Biologi Nanas Merah FMIPA Unesa. Kegiatan Rapat Rutin berisi penyampaian konsep acara, perkembangan jalannya kepanitiaan, dan evaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan. Rapat rutin dilaksanakan setiap seminggu sekali pada hari minggu malam.

Dikarenakan kondisi pandemi seperti sekarang ini, rapat rutin yang biasanya diadakan secara offline dengan berkumpul di joglo-joglo yang ada di sekitar Fakultas MIPA, kini dilaksanakan secara online dengan menggunakan google meet ataupun whattsapp group. Tentunya terdapat perbedaan yang signifikan dikarenakan adanya perubahan metode rapat rutin. Seperti kurangnya interaksi antar staff hmj, juga banyak terjadi miss komunikasi selama pemaparan konsep program kerja berlangsung. Tentunya hal ini dapat diminimalisir dengan adanya koordinasi yang baik.

Agar rapat rutin yang diadakan HMJ Biologi Nanas Merah FMIPA Unesa ini dapat berjalan lancer dan tidak terjadi tumpeng tindih pendapat, maka diperlukan moderator sebagai pemimpin acara. Moderator ini dipilih dari Staff BPH urut secara bergantian antara wakil ketua himpunan, sekretaris, dan bendahara.

Apabila rapat rutin dilaksanakan melalui whattsapp group maka diperlukan mode admin ketika penyampaian berlangsung. Tentu saja yang menjadi admin adalah seluruh BPH dan juga seluruh staff departemen yang bersangkutan. Disampaikan tata tertib rapat terlebih dahulu oleh moderator sekaligus salam pembuka sebelum moderator mempersilahkan departemen yang bersangkutan untuk menyampaikan konsepan program kerjanya. Apabila penyampaian selesai dilakukan maka setelan untuk mengirim pesan diatur untuk semua anggota group agar bisa mengirim pesan. Hal ini diatur agar diskusi lebih terarah dan lebih mudah dipahami.

Apabila rapat rutin dilaksanakan melalui google meet, ketika penyampaian berlangsung maka seluruh staff HMJ wajib untuk mematikan microfonnya. Hal ini dilakukan agar suara yang terdengar tidak saling bertabrakan satu sama lain. Penyampaian rapat rutin yang dilakukan melalui google meet dirasa lebih interaktif dibanding menggunakan whattsapp group. Karena ketika menggunakan google meet kita dapat melihat langsung reaksi dari seluruh staff HMJ yang bergabung. Namun rapat rutin yang dilaksanakan menggunakan google meet ini sering mengalami kendala diantaranya kendala kuota yang digunakan lebih banyak dibandingkan whattsapp group. dan juga tidak semua staff HMJ mempunyai koneksi jaringan yang stabil. Sehingga tidak semua staff HMJ dapat bergabung dalam rapat rutin.

Dokumentasi Kegiatan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »