Tingkat persaingan sumber daya manusia (SDM) di pasar kerja nasional dan internasional terus meningkat. Hal ini dipengaruhi oleh pemberlakuan pasar bebas dan peningkatan serta pemanfaatan ilmu pengetahuan  dan teknologi baru pada berbagai bidang usaha, serta kebutuhan tingkat profesionalisme (knowledge, hard skill, soft skill) yang semakin tinggi.

Di era saat ini, yaitu era globalisasi memberikan dampak yang cukup besar terhadap sektor pendidikan Indonesia dan Surabaya pada khususnya. Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya selaku salah satu jurusan yang unggul di lingkup Universitas Negeri Surabaya ingin membentuk daya tarik pada dunia luar. Bersaing di ranah positif sangat diperlukan di setiap jurusan. Misal di bidang akademik atau non-akademik. Karena prestasi dari mahasiswa merupakan aset penting bagi sebuah institusi.

Sangat penting untuk berusaha memajukan keunggulan dari jurusan melalui bidang apapun itu. Misalnya dengan kelebihan bakat dan minat yang dimiliki mahasiswa. Untuk mengembangkan dan mengeksplor hal tersebut HMJ Biologi “Nanas Merah” FMIPA, Universitas Negeri Surabaya, mengadakan sebuah kegiatan “NGENGAT (Ngobrol Seru Tentang Bakat Minat) 2020”, yakni kegiatan berbasis talkshow penggalian bakat dan minat secara mandiri sehingga mahasiswa dapat memanfaatkan bakat dan minat tersebut sebagai solusi penghasil uang atau peluang usaha.

Program kerja ini dilaksanakan secara online pada tanggal 27 September 2020, yang dibuka pendaftaran secara umum. Dalam pelaksanaanya, kegiatan ini menggunakan platform ZOOM. Adapun manfaat dari program kerja BioFest diantaranya adalah meciptakan cara berpikir kreatif dan inovatif, melatih untuk berkompetisi secara sportif dan percaya diri, serta mampu meningkatkan kualitas diri. Diharapkan dengan adanya kegiatan berikut, mahasiswa Biologi Universitas Negeri Surabaya bisa tetap produktif meskipun di rumah saja.

Dokumentasi Kegiatan:

Pamflet Ngengat 2020
Saat Acara Berlangsung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »