Kultur jaringan atau dikenal dengan metode in vitro memiliki potensi perkembangan yang besar. Revolusi industri 4.0 secara fundamental akan mengubah cara hidup dan relasi antara lingkup domestik ataupun secara global. Lingkup bidang kultur jaringan sangat luas, mencakup banyak aspek bidang contohnya adalah pada bidang pertanian, kesehatan, indistri dan perkebunan.

Kebutuhan terhadap kesiapan sumber daya manusia yang memumpuni sangat diperlukan untuk mendukung salah satu elemen tersebut dengan pemahaman dan kemampuan yang dimiliki dalam bidang kultur jaringan. Topik kultur jaringan dapat menjadi prospek yang sangat menjanjikan pada era revolusi industri 4.0 ini. Kultur jaringan mampu memberikan peluang terciptanya lapangan pekerjaan di era mendatang. Pada kondisi saat ini, metode kultur jaringan masih dilakukan secara skala industri dan hanya ada pada skala laboratorium perguruan tinggi, sehingga masyarakat luas banyak yang masih awam tentang metode serta kemampuan untuk melakukan metode kultur jaringan. Dari hal tersebut maka Kelompok Studi Dark Orchid Biologi UNESA berupaya untuk mengenalkan kultur jaringan kepada masyarakat.

Situasi pandemi covid-19 tidak menghalangi semangat Kelompok Studi Dark Orchid Biologi UNESA untuk terus belajar dan mengenalkan kultur jaringan kepada masyarakat. Salah satu program kerja yang diadakan yaitu Seminar Online. Seminar ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 18 Juli 2020 dengan tema “Tetap Produktif saat Pandemi Corona dengan Jiwa Biologi” yang diikuti oleh peserta umum melalui via WhatsApp Group. Dalam seminar ini, Kelompok Studi Dark Orchid mengundang Dra. Evie Ratnasari, M.Si. sebagai pembawa materi. Beliau adalah salah satu dosen Jurusan Biologi UNESA sekaligus pembina Kelompok Studi Dark Orchid. Selain mendapatkan relasi dan pengalaman baru, peserta dan panitia mendapatkan ilmu yang bermanfaat tentang kultur jaringan. Ilmu-ilmu tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengisi waktu luang saat pandemi Corona. Topik yang dibawakan terkait penjelasan terkait metode kultur jaringan serta diaplikasikan pada tanaman yang banyak dijumpai oleh masyarakat sehingga akan mudah diterapkan yaitu pada tanaman anggrek sehingga semua orang dapat mempraktekkan secara langsung di rumah.

Diharapkan dengan adanya seminar tersebut, masyarakat akan lebih mengenal terkait metode kultur jaringan dari hal yang sederhana dan bisa dipelajari lebih lanjut untuk bisa langsung diterapkan secara merata di era industri 4.0

Pamflet Seminar Online 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »