Prestasi akademik tentunya menjadi sesuatu hal yang ingin dicapai oleh semua mahasiswa. Prestasi akademik yang baik tentu akan berdampak baik pula terhadap kehidupan mahasiswa kedepannya. Kemudahan dalam mendapatkan pekerjaan maupun kemudahan dalam melanjutkan studi akan dapat diperoleh jika ditunjang dengan prestasi akademik yang baik. Tidak heran, mahasiswa saling berlomba menjadi yang terbaik dalam nilai akademiknya. Salah satu hal yang amat berpengaruh dalam baik tidaknya nilai akademik adalah nilai ujian sumatif yang diadakan disetiap akhir semester. 

Oleh karena itu, HMJ Biologi “Nanas Merah” Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya mengadakan suatu kegiatan bagi jurusan Biologi sendiri yaitu “Bio Soal”. Apasih Bio Soal? Bio Soal adalah suatu kegiatan yang dapat membantu mahasiswa dalam belajar dan memahami suatu mata kuliah, serta membekali atau mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi ujian sumatif pada setiap semesternya. 

Kegiatan diskusi berlangsung ditengah-tengah pandemi COVID-19? Iya, kegiatan diadakan dengan memanfaatkan aplikasi Grup WhatsApp pada tanggal 08 Mei 2020 pukul 09.00-11.30 untuk Mahasiswa Biologi Angkatan 2018, pukul 13.00-14.30 untuk Mahasiswa Biologi Angkatan 2019. Kegiatan diikuti oleh mahasiswa Biologi Angkatan 2019 dan Angkatan 2018 dengan berdiskusi materi mata kuliah yang ditempuh dengan dipandu oleh koass terkait. 

Bio Soal sendiri termasuk suatu momen dimana mahasiswa berkumpul, belajar dan melakukan pembahasan tentang soal-soal ujian sumatif dari tahun-tahun sebelumnya yang akan dipandu oleh mereka yang kompeten dibidangnya. Kegiatan ini menghadirkan koass dari masing-masing mata kuliah yang dibahas, sehingga dapat membantu mahasiswa untuk lebih memahami materi-materi yang diperlukan dalam ujian sumatif. Dengan pemahaman mahasiswa yang tinggi, kesiapan dan kemudahan dalam menghadapi ujian sumatif akan semakin tinggi, sehingga peluang untuk mendapatkan nilai akademik yang tinggi juga akan semakin besar.

Meskipun diadakan secara online, kegiatan berjalan dengan lancar dan sangat bermanfaat seperti yang diungkapkan Zahrudin Afnan salah satu mahasiswa Biologi Angkatan 2019, “Saya ucapkan terima kasih kepada panitia, koass dan teman-teman atas kegiatan yang sudah diselenggarakan Bio Soal yang dapat membantu menjelaskan mata kuliah Anatomi Hewan. Semoga dapat memberikan manfaat dan keberkahan bagi kita semua sekaligus amal baik di bulan suci ini,” ujar Zahrudin, Mahasiswa PBU 19. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »