Pamflet Bioscholarship 2020

Beasiswa adalah pemberian berupa bantuan keuangan yang diberikan kepada perorangan yang bertujuan untuk digunakan demi keberlangsungan pendidikan yang ditempuh. Beasiswa dapat diberikan oleh lembaga pemerintah, perusahaan ataupun yayasan.

Mendapatkan beasiswa adalah impian bagi setiap mahasiswa. Beasiswa sangat bermanfaat bagi mahasiswa karena dapat membanggakan dan juga mengurangi beban kedua orang tua. Namun, hanya sedikit dari mahasiswa yang mengetahui informasi mengenai beasiswa tetapi tidak tahu bagaimana cara mendapatkan beasiswa tersebut. Beasiswa bukan hanya didapat dari lembaga pendidikan saja, namun juga dapat diperoleh dari lembaga lembaga atau institusi pemerintah maupun swasta yang menyelenggarakan program beasiswa.

Kegiatan ini diadakan oleh departemen Advokasi, Informasi, dan Komunikasi HMJ Biologi “Nanas Merah” FMIPA Unesa sebagai wadah bagi para mahasiswa untuk mendapatkan berbagai informasi yang bermanfaat mengenai beasiswa yaitu dengan menyelenggarakan program kerja Bioscholarship 2020. Acara ini adalah kegiatan berbentuk seminar online dengan mengangkat tema “Grab Your Dream With Scholarship” yang membahas tentang bagaimana cara mendapatkan beasiswa. Seminar ini diadakan secara online dikarenakan adanya pandemi Covid-19, sehingga acara ini tidak dapat dilaksanakan secara tatap muka.

Acara seminar ini dilaksanakan melalui WhatsApp Group pada hari Sabtu, 9 Mei 2020 dimulai pada pukul 08.00 WIB. Pada acara ini menghadirkan dua orang narasumber yakni Mika Zuhriyah, S.Pd, penerima beasiswa Aktivis Salman 2018 dan Yayang Vionita, S.Si., M.Sc., penerima beasiswa LPDP 2016. Mereka merupakan alumni dari jurusan Biologi FMIPA Unesa. Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh 200 peserta yang terdiri dari mahasiswa jurusan biologi dari angkatan 2016-2019 dan juga mahasiswa di luar jurusan biologi FMIPA Unesa.

“Yang penting dilakukan jika ingin mendapatkan beasiswa adalah menjadi greet dengan minat, usaha tujuan, dan harapan, sabar dan menikmati proses usaha, kerja keras yang lebih dari sebelumnya, menghargai diri sendiri, dan juga semangat tanpa batas. Dan yang perlu dilakukan untuk mendaftar beasiswa adalah mencari beasiswa yang dituju, tau cara membuat cv dan menyiapkan profilmu, belajar menulis essay yang baik, memiliki pengalaman organisasi, memiliki pengalaman leadership skills, ada pengalaman riset/penelitian ilmiah, prestasi 5 tahun terakhir, mulai membuka informasi perihal wawancara, sertifikat/kemampuan bahasa inggris, dan mencari mentor yang tepat,” jelas Mika.

”Rencana studi penting dalam menentukan kelulusan beasiswa dan kuliah. Rencana studi menjadi syarat mendaftar beasiswa karena rencana studi memberikan gambaran bagaimana calon penerima beasiswa akan menjalani studinya serta mengukur kesiapan calon penerima beasiswa dalam menghadapi tantangan-tantangan selama masa studi. Langkah-langkah dalam merumuskan rencana studi yaitu menentukan jurusan dan kampus tujuan tempat studi serta topic penelitian atau tugas akhir yang akan diambil, mengumpulkan semua informasi terkait jadwal kuliah, periode libur, dan tanggal ujian, membuat daftar mata kuliah yang akan ditempuh, menyusun rencana studi dengan detail, kemudian mendiskusikan rencana studi dengan study advisor atau supervisor. Selalu alokasikan ‘unexpected time’ untuk menghindari hal-hal yang mungkin bisa terjadi selama proses studi,” jelas Yayang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »