Pamflet Khataman Online

Al-Quran adalah wahyu Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW beserta umatnya. Al-Quran ini sebagai petunjuk bagi umat Islam dalam beribadah kepada-Nya. Hal-hal mengenai tauhid, akidah, akhlak dan fikih semuanya terkandung dalam Al-qur’an. Nabi Muhammad SAW bersabda, “Sebaik-baiknya kamu adalah orang yang mempelajari Al Qur’an dan mengamalkannya.”

Khataman Online adalah salah satu diantara upaya yang dapat dilakukan untuk mempelajari dan mengamalkan Al-Quran. Khataman Al-Quran Online yang diadakan oleh Departemen Agama Himpunan Mahasiswa Jurusan Biologi “Nanas Merah” FMIPA UNESA ini sebagai sarana untuk menjaga ukhuwah islamiyah, untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta ditengah pandemi COVID-19 serta wujud rasa syukur dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan tahun ini.


Kegiatan khataman Al-Quran ini dikhususkan untuk mahasiswa jurusan
Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dan dilaksanakan selama satu minggu. Dilaksanakan mulai tanggal 17 April sampai 23 April 2020. Khataman online diikuti oleh 90 peserta. Kegiatan ini dilakukan secara online melalui aplikasi WhatsApp Grup. Masing-masing peserta membaca 1 Juz dari rumahmasing-masing.

Khataman Online ini dibuka oleh Ketua Jurusan Biologi, Ibu Dr. Rinie Pratiwi Puspitawati M.Si. kemudian dilanjutkan dengan tawassul oleh serta ditutup dengan do’a. “Bismillah, Ya Allah semoga apa yang kita lakukan dengan membaca firman Allah SWT ini dapat menjadikan kami orang-orang yg selalu sujud dan kaya hati, Aamiin.”
Kemudian dilanjutkan dengan tawassul oleh Muhammad Taufik Ramadhan, selaku qori’ UKM MTQ Unesa.
“Mari rendahkan hati kita, buka ruang agar apa yang kita baca dapat menjadi wasilah kita mendapatkan syafaat dan pertolongannya di akhirat kelak,” tambah Taufik.

Setelah seminggu berlalu dan setiap peserta telah selesai membaca masing-masing 1 Juz. Kegiatan khataman online ini ditutup dengan do’a oleh Yusuf Abdul Rochim, selaku Kepala Departmen Agama HMJ Biologi FMIPA Unesa.
“Alhamdulillah 30 juz telah terbaca, selanjutnya mari kita akhiri dengan doa,” jelas Yusuf.

Selain itu, beberapa peserta juga menyampaikan kesannya terhadap kegiatan ini. Beberapa contohnya adalah Afifatur Rohma dan Iqbal Ariq yang merupakan mahasiswa Biologi Unesa.
“Alhamdulillah, terima kasih kepada HMJ Biologi yang telah menyediakan ruang untuk mencari pahala. Semoga apa yang kita kerjakan mendapat pahala dan bisa barokah. Aamiin,” ujar Afifah.
“Alhamdulillah terima kasih panitia yang sudah memfasilitasi grup penuh
berkah ini. Semoga kita selalu diberi kesehatan, aamiin, ” tambah Iqbal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »