Pada masa sekarang Pembinaan kerohanian sangat diperlukan untuk menumbuhkan dan mendasari akhlak baik yang terbentuk dalam diri pribadi seseorang terutama mahasiswa.  Mahasiswa juga sering dikatakan sebagai agent of change, bukan sekedar karena aspek akademisnya tetapi lebih dari itu adalah adanya potensi besar pada diri mahasiswa yang masuk kategori pemuda. Untuk menjadi agen perubahan, tentu dibutuhkan profil mahasiswa yang berkarakter pemikir, pejuang dan pemimpin. Dalam pepatah Arab dikatakan: “Syubban al-Yaum, Ruasa’u al-Ghadd”, pemuda hari ini adalah pemimpin dimasa yang akan datang. Pembinaan kerohanian selain melalui kegiatan mata kuliah pendidikan agama juga dapat melalui serangkaian kegiatan kemahasiswaan.

Oleh karena itu, HMJ Biologi “Nanas Merah” Fakultas matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya mengadakan suatu kegiatan pembinaan kerohanian yaitu mentoring yang merupakan suatu program kerja dari Departemen Agama yang berisi pembacaan ayat suci Al-Qur’an atau kitab beragama lainnya yang ditujukan dan diikuti oleh setiap mahasiswa baru, diskusi antar mahasiswa baru, pemberian materi oleh mentor yang berdurasi selama lima kali pertemuan dengan berbagai tema yang berlatar belakang keagamaan dan berwawasan lingkungan. Rangkaian kegiatan mentoring yaitu Booming, Mentoring, dan Cloning.

Kegiatan Mentoring ini di laksanakan pada bulan Oktober sampai bulan November 2020. Acara booming di laksanakan pada tanggal 10 Oktober 2020. Akibat keterbatasan selama pandemic Covid-19, kegiatan mentoring dilaksanakan melalui aplikasi online yang dikemas semirip mungkin dengan pertemuan tatap muka yaitu menggunakan platform Whatsapp grup. Kegiatan booming berupa penyampaian materi yag diisi oleh Ust. Andika Dwi Agus P S.Si (Alumni Biologi 2006) serta pengenalan awal mentoring dan pembagian kelompok mentoring. Mentoring di laksanakan sebanyak 3 kali pertemuan. Kegiatan mentoring meliputi pernyampaian materi oleh mentor, membaca kitab suci keagamaan, hafalan surat (khusus mahasiswa muslim), serta diskusi materi yang di sampaikan oleh mentor. Untuk materi yang di sampaikan mentor di sesuaikan dengan panduan mentoring dari BEM FMIPA Unesa. Kegiatan cloning di laksanakan pada tanggal 14 november 2020. Cloning bertempat di Whatsapp Grup. Kegiatan cloning meliputi penyampaian penyampaian kesan pesan yang disampaikan oleh mentor dan mente. Program kerja mentoring di ikuti oleh mahasiswa baru.

Adapun tujuan dari kegiatan ini antara lain memberikan wadah untuk berelasi secara aktif, menyalurkan minat dan berbagi pengalaman antar kelompok sebaya maupun non sebaya, serta meningkatkan dan menjalin ikatan persaudaraan antar mahasiswa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »