Perkembangan ilmu pengetahuan yang pesat selalu ditujukan untuk kepentingan dan kemudahan dalam kehidupan masyarakat. Sayangnya, perkembangan ini tidak serta merta dapat langsung diterima dan dirasakan. Berbagai hambatan seringkali muncul dalam penerapannya, seperti kurangnya sumber daya manusia yang kompeten sehingga perkembangan ilmu pengetahuan gagal untuk diaplikasikan. Apalagi dikala pandemi seperti ini, terasa sekali jika kita memerlukan masyarakat yang dapat dengan baik menemukan solusi serta mampu mengarahkan masyarakat untuk bertindak dengan bijak. Oleh karena itu, mempersiapkan dan meningkatkan generasi unggul sejak dini tetap menjadi tanggung jawab bersama khususnya dalam aspek keilmuan dan karakter sehingga para generasi muda dapat mengatasi berbagai permasalahan yang akan datang dengan baik.

Dalam mendukung persiapan tersebut, HMJ Biologi “Nanas Merah” yang merupakan salah satu organisasi kemahasiswaan di lingkup Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya. mengadakan kegiatan BIOCOMPACT “Biology Competition and Application” Season 11. BIOCOMPACT pada tahun ini mengangkat tema “Improving Bio-logic and Critical Thinking through Reaching the Peak of Digitally Competition”. Kegiatan yang dinaungi oleh Dept. Penalaran dan Keilmuan ini terdiri dari dua kategori lomba, yakni Kompetisi Online Biologi (KONBI) dan Essay Competition (E-COMP). Keduanya merupakan cabang kompetisi untuk siswa SMA/Se-derajat.

Kompetisi Online Biologi atau KONBI merupakan cabang perlombaan yang mengadu pengetahuan dan pemahaman peserta dalam bidang biologi. KONBI terdiri dari 3 babak, babak penyisihan, babak semifinal dan babak Final. Babak penyisihan dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 24 Oktober 2020 dengan total 425 peserta melalui website CBT BIOCOMPAC. Peserta terbagi menjadi 5 wilayah/region berdasarkan posisi wilayah sekolah masing-masing. 5 Region tersebut antara lain Sumatra, Jawa-Bali, Kalimantan, Sulawesi dan Papua-Maluku-Nusa Tenggara. Dari masing-masing region diambil 3 peserta terbaik dan 35 terbaik nasional untuk melaju ke babak semifinal. Babak semifinal dilaksanakan melalui Google Classroom pada tanggal 01 November 2020 dengan total 52 peserta. Melalui platform GClassroom. Peserta akan mengerjakan soal isian singkat dan soal uraian panjang. Sejumlah 6 peserta dengan nilai terbaik terpilih untuk mengikuti babak final. Babak Final dilaksanakan pada hari sabtu 07 November 2020 melalui platform Zoom. Pada babak ini terdapat 3 Juri  yang akan menilai jawaban dari peserta. Dewan juri tersebut adalah Dr. Sc. Agr. Yuni Sri Rahayu, M.Si., Dra. Evie Ratnasari, M.Si.,  dan Lisa Lisdiana, Ph. D.

Berdasarkan penilaian dewan juri, dari 6 peserta didapatkan juara sebagai berikut.

NoNamaSekolahJuara
1Margie Lynetta GunawanSMA Santa MariaJuara 1
2Ziyanatul Karimah.MAN 3 TubanJuara 2
3Yassirli Nikma RizkiyaMAN 2 KudusJuara 3
4Charlos Falentino.SMA SemestaJuara Harapan 1
5Joy Angelica TentuaSMAN 2 AmbonJuara Harapan 2
6Nadilla Ridzki RabbaniMAN 8 JakartaJuara Harapan 3

            Selain KONBI, terdapat juga E-COMP. Essay Competition atau E-COMP  merupakan cabang lomba yang menilai daya nalar peserta dalam menghadirkan solusi atas suatu permasalahan melalui gagasan tertulis.Pada E-COMP ini peserta dapat memilih 5 topik permasalahan untuk disajikan, antara lain lingkungan, ketahanan pangan, pendidikan, kesehatan dan energy terbarukan. Pada babak penyisihan, setiap peserta diwajibkan mengirimkan draft esai untuk dinilai. Penilaian meliputi aspek gagasan permasalahan dan solusi yang ditawarkan serta sistematika dan kebahasaan. Dari penilaian tersebut, didapatkan 10 peserta untuk mengikuti babak final. Pada babak final, peserta diminta untuk membuat video pemaparan dan poster terkait esai yang telah dibuat. Melalui video dan poster tersebut, peserta akan memperebutkan 3 posisi terbaik dan 1 posisi terfavorit berdasarkan pemilihan juri dan like pada karya yang diunggah pada instagram BIOCOMPACT. Adapun juara pada cabang E-COMP adalah sebagai berikut.

NoNamaSekolahJuara
1. Wanda Nur IsnayyahSMAN 1 KembangbahuJuara 1
2Tegar Ramadhani.SMA Nuris JemberJuara 2
3Fina Kharisma MMAN 2 Kota KediriJuara 3
4Ari Dhani PratiwiSMK Farmasi SurabayaJuara Favorit

            Alan Verangga selaku ketua pelaksana menyampaikan jika BIOCOMPACT Season 11 merupakan season yang cukup berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pada BIOCOMPACT tahun ini terdapat E-COMP yang merupakan kategori lomba yang belum ada pada season-season sebelumnya. Pada tahun ini, BIOCOMPACT juga dilaksanakan daring seluruhnya. Hal ini dikarenakan imbas pandemic COVID-19. Meskipun begitu, Alan berharap jika BIOCOMPACT dapat membantu para peserta dalam meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berpikir kritis di masa pandemic ini. Terlebih lagi, BIOCOMPACT season ini juga memberikan kelas bimbingan atau konbimatrikulasi kepada semifinalis KONBI. Kelas yang diikuti oleh 52 siswa tersebut dibimbing langsung oleh Dra. Nur Kuswanti, M.Sc.St. dan Dra. Nur Kuswanti, M.Sc.St. yang merupakan Dosen Jurusan Biologi FMIPA UNESA. Tentu ini menjadi pengalaman berharga bagi peserta dalam meningkatkan pengetahuan baru dan pemahaman yang mereka miliki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »