Kegemaran atau hobi merupakan suatu bentuk kegiatan yang dilakukan untuk mengisi serta mengasah keterampilan di waktu luang. Hobi sendiri memberikan banyak dampak positif, seperti melatih kreativitas, menghilangkan stress, menambah wawasan, memperluas relasi sosial, dan sebaginya. Di zaman modern ini, tidak bisa dipungkiri era digital memberikan kemudahan setiap orang dalam mengekspresikan hobi mereka. Sebagaimana mahasiswa yang merupakan agent of change menyikapinya. Mahasiswa dituntut untuk bisa memanfaatkan serta memunculkan inovasi, terutama dalam bidang teknologi digital.

Adanya pandemik COVID-19 yang merebak, memaksa segala kegiatan mahasiswa termasuk perkuliahan harus dilakukan di rumah melalui daring atau online. Keterbatasan sosial ini seringkali membuat jenuh, stress, rasa malas, dan juga dampak negatif lainnya. Oleh sebab itu, departemen Bakat dan Minat HMJ Biologi “Nanas Merah” FMIPA, Universitas Negeri Surabaya, mengadakan sebuah kegiatan “BioFest (Biologi Festival) 2020”, yang bertemakan, “Express your fed-up level”. Memiliki pengertian melihat sejauh mana tingkat kejenuhan mahasiswa Biologi UNESA di masa pandemik dalam mengekspresikannya lewat hobi.

Program kerja BioFest memiliki 3 cabang lomba yaitu Biologi Menyanyi, Tik Tok Challenge, dan Mobile Legends Championship. Dimana dua dari tiga cabang lomba ini memiliki sub lomba seperti Biologi Menyanyi yang diisi dua sub lomba Song Cover dan Parody Challenge, serta Tik Tok Challenge diisi dengan tiga sub lomba yaitu Dance Cover, Art Challenge, dan Cinematography Challenge. Program kerja ini dilaksanakan secara online pada tanggal 01-08 Juli 2020, yang diikuti mahasiswa Biologi aktif angkatan 2017 sampai 2019, serta angkatan 2016 dan alumni yang ikut meramaikan. Dalam pelaksanaanya, kegiatan ini memanfaatkan media sosial seperti Whatsapp dan Instagram.

Adapun manfaat dari program kerja BioFest diantaranya adalah meciptakan cara berpikir kreatif dan inovatif, melatih untuk berkompetisi secara sportif dan percaya diri, serta mampu meningkatkan kualitas diri. Diharapkan dengan adanya kegiatan berikut, mahasiswa Biologi Universitas Negeri Surabaya bisa tetap produktif meskipun di rumah saja.

Dokumentasi Kegiatan:

Pamflet BioFest
Technical Meeting Biofest 2020
Hastag Cinematografi BioFest
Hastag Cover Lagu BioFest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »