Seminar Nasional Lingkungan HMJ Biologi 2017

Dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda pada hari Sabtu, 28 Oktober 2017 Himpunan Mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA Unesa mengadakan acara Seminar Nasional Ligkungan yang bertemakan “Peran Pemuda Mewujudkan Generasi Indonesia Peduli Lingkungan” Acara ini dihadiri oleh generasi muda yang sadar akan pentingnya peduli lingkungan sehingga dapat mendorong generasi muda agar lebih mencintai lingkungan.

Kegiatan Seminar ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan menanamkan kesadaran kepada generasi muda untuk peduli terhadap permasalahan lingkungan, khususnya masalah sampah yang menjadi permasalahan hingga saat ini. Masalah sampah sudah menjadi salah satu permasalahan lingkungan yang menjadi pekerjaan setiap harinya bagi pemerintah dan masyarakat yang tidak kunjung terselesaikan.

Seminar ini diisi oleh pemateri yang berperan aktif dalam kegiatan lingkungan yakni Drs. H. Satrijo Wiweko, M.T selaku Direktur Sahabat Lingkungan serta Adi Chandra, S.Si, M.Si selaku anggota dari Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau Pemkot Surabaya. Kedua narasumber tersebut memaparkan berbagi pengalaman dari pengelola sampah kota, akademisi, Lembaga Swadaya Masyarakat [LSM], maupun masyarakat umum penggiat 3R terkait implementasi 3R, baik di Surabaya ataupun Kota lain.

Dalam seminar tersebut, para narasumber memaparkan bagaimana sampah dapat menjadi masalah, sekaligus dapat menjadi peluang yang menjanjikan bagi masyarakat. Sebagai masalah, sampah memerlukan pelopor-pelopor dari masyarakat utamanya para pemuda untuk dapat diatasi bersama. Salah satu solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah sampah adalah dengan memanfaatkan sampah sebagai kerajian tangan hasil kreatifitas masyarakat, utamanya untuk generasi muda saat ini yang juga bisa menjadi penghasilan tambahan bagi masyarakat. Dalam sekala besar sampah juga bisa menghasilkan penghasilan milyaran rupiah ketika diolah dengan baik. Maka dari itu, marilah kita generasi muda Indonesia sadar lingkungan untuk menciptakan Indonesia yang asri dari sampah.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *